Musypimda ke 2 PDA Kendal, Pimpinan Ranting Menjadi Sorotan

1
0 views
foto dok. dyah

KENDALMU.COM. CEPIRING. Musyawarah Pimpinan Daerah (Musypimda) ke 2 ‘Aisyiyah Kendal yang berlangsung pada Ahad (26/1) di gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Cepiring menjadi permusyawaratan yang sangat penting, dan salah satu yang mendapat sorotan dari Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kendal adalah keberadaan Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah (PRA) yang ada di Kendal dinilai belum menggembirakan.

“Berangkat dari data yang kami miliki, PRA yang sudah berdiri di Kendal belum sesuai dengan yang diharapkan, walaupun ada PCA dan PRA yang memiliki unggulan” kata sekretaris PDA Kendal, Hj. Endang Nurani ketika dihubungi kendalmu.com Senin pagi (27/1).

Beliau mencontohkan, ada PCA dalam Kecamatan tersebut terdapat 17 desa tetapi PRA yang sudah berdiri baru 3 sampai 4. Itu artinya PCA belum mampu melebarkan sayap dakwahnya ke semua lini desa yang ada di Kecamatan tersebut.

Endang menjelaskan, bahwa PRA adalah organisasi dalam suatu lingkungan yang berfungsi melakukan pembinaan, pemberdayaan anggota, dan penyelenggara amal usaha. Tetapi di ranah akar rumput mereka yang akan dibina, diperdayakan dan dicerahkan terbatas jumlahnya dan sulit diajak ber’Aisyiyah.

“Mereka kebanyakan kesulitan mencari anggota atau simpatisan, selain belum memiliki amal usaha” ungkapnya.

foto dok. dyah

Melalui Musypimda 2 dengan mengangkat tema “Dinamisasi Gerakan Menebar Islam Berkemajuan” beliau berharap ada tindak lanjut kongkrit dari pemikiran di Musypimda 2 dalam upaya menambah simpatisan atau anggota ‘Aisyiyah di tingkat ranting.

Musypimda yang berlangsung sehari penuh diikuti oleh 140 utusan dari PCA se Kab.Kendal dan dibuka oleh ketua PDM Kendal, KH.Muslim.

Beliau menyarankan kepada peserta yang masih diberi kesehatan untuk bersemangat dalam berdakwah lewat ‘Aisyiyah.

“Kesehatan itu mahal harganya, maka jangan sia-siakan kesehatan yang dimiliki untuk berdakwah” ujarnya.

BACA JUGA :  STIT Muhammadiyah Kendal Gelar Wisuda Ke 16, Tiga Wisudawan Berpredikan Cumlaude

Sementara itu ketua PW ‘Aisyiyah Jawa Tengah, Dr. Hj. Ummul Baroroh, M.Ag mengapresiasi kepada PDA Kendal atas diselenggarakannya Musypimda 2.

“Ini Musypimda 2 pertama di Jawa Tengah setelah Musypimwil 2 beberapa waktu lalu di Magelang. Ini artinya PDA Kendal memiliki disiplin dan tertib organisasi” puji Ummul Baroroh.

Beliau mengingatkan Aisyiyah adalah organisasi perempuan berkemajuan yang mengambil peran penting dalam seluruh aspek kehidupan meliputi dakwah, pendidikan kesehatan, ekonomi, sosial, hukum dan HAM, dan sebagainya. Bidang dakwah melalui Majelis Tabligh pembinaan keluarga sakinah, pembinaan mualaf, dan pembinaan mubalighot.

Terkait dengan pembinaan keluarga dan kesehatan, beliau menyampaikan, pentingnya menjaga rumah tangga yang harmonis dan hidup sehat.

“Kepedulian ‘Aisyiah dalam pendampingan korban KDRT, Aisyiyah Peduli Alam, Gerakan Aisyiyah Cinta Anak sebagai program prioritas yang dilaksanakan” jelasnya.

“Kami juga berharap RSA di Kendal segera berdiri untuk membantu pemerintah dan masyarakat di bidang kesehatan”

Sedangkan ketua PDA Kendal, Hj. Muslikhah dalam pidato iftitahnya menyampaikan, bahwa dalam memperkuat organisasi , Amal Usaha diharapkan dapat menumbuhkan kader-kader persyarikatan. “Dalam perekrutan Sumber Daya Manusia pada setiap Amal Usaha diharapkan berasal dari kader Muhammadiyah atau ‘Aisyiah sendiri” kata Muslikhah.

‘Aisyiyah menurutnya , sering menemukan problem pengkaderan tidak berhasil karena SDM yang bekerja di Amal Usaha bukan kader Muhammadiyah dan tidak berideologi Manhaj Muhammadiyah.

Beliau meminta kepada setiap pimpinan amal usaha milik Aisyiyah dikelola oleh kader persyarikatan. (fur)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here