Patuhi Protokol Kesehatan, MPK PDM Kendal Gelar UKA, Diikuti 110 Peserta

0
77

KENDALMU.COM | KENDAL. Majelis Pendidikan Kader (MPK) PDM Kendal melalui Program Studi Diploma 1 Kemuhammadiyahan (Prodi D1 Kmd) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA), Jawa Timur angkatan ke 12 di Kendal menggelar Ujian Komprehensif Akhir (UKA) di aula gedung pusat dakwah Muhammadiyah Kendal lantai 3 pada Ahad (5/7).

UKA diikuti oleh 110 peserta yang terdiri dari guru TK, SLTP/A, Lembaga, Ortom dan pegawai di lingkungan AUM pendidikan dan kesehatan.

Dalam pelaksanaannya seluruh peserta dan panitia ujian wajib mematuhi protokol kesehatan, yaitu pihak panitia menyediakan sarana cuci tangan menggunakan air dan sabun atau pencuci tangan berbasis alcohol. Membersihkan ruangan tempat ujian dengan desinfektan, khususnya handel pintu, saklar lampu, meja, dan fasilitas lain yang sering terpegang oleh tangan, juga

melakukan skrining awal berupa pengukuran suhu tubuh terhadap semua peserta ujian dan panitia

sebelum masuk ruang, serta tempat duduk peserta ujian diatur berjarak 2 meter dengan tempat duduk di sebelahnya.

Sekretaris Program D1 Kemuhammadiyahan, Tgk. Usda el ahmady, S.Pd.I, Dip.Kmd, mengatakan, normalnya perkuliahan dilaksanakan selama 4 bulan.

“Tetapi karena Covid-19, perkuliahan tatap muka terganggu, maka terdapat beberapa mata kuliah harus diganti dengan daring, seperti micro teaching, praktek ibadah, dan micro mission” katanya.

Beliau menjelaskan, UKA bisa diikuti apabila mahasiswa memenuhi beberapa persyaratan.

“Tingkat kehadiran mengikuti kuliah tatap muka dan daring minimal 80 %, mengumpulkan tugas yang dibebankan oleh dosen, dan melunasi administrasi keuangan. Adapun materi ujian terangkum dalam Kapita Selekta. “ ujarnya.

Dikatakan, program D1 Kmd di Kendal sudah berjalan selama  lebih  dari 5 tahun, dan setiap akhir pembelajaran dari seluruh mata lkuliah diselenggarakan UKA sebagai bentuk evaluasi komprehensif terhadap seluruh mata kuliah.

“Alhamdulillah, D1 Kmd UMSIDA di Kendal sudah berjalan sampai angkatan ke – 12 dengan jumlah alumni sebanyak lebih dari 760 orang terdiri dari guru dan pegawai di lingkungan Amal Usaha Muhammadiyah, serta jajaran pimpinan persyarikatan” bebernya.

Menurut Usda, ada 10 mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa yaitu; ideologi Muhammadiyah, sejarah Muhammadiyah, keorganisasian dalam Muhammadiyah, manhaj tarjih, pedoman hidup Islami warga Muhammadiyah,pengelolaan Amal Usaha Muhammadiyah, faham Islam dalam Muhammadiyah, pembelajaran Kemuhammadiyahan, praktik ibadah, dan micro teaching atau micro mission.

Sedangkan ketua MPK, Abdul Wahid Dadong Wartomo, S.Pd, Dip.Kmd, menyampaikan, program D1 Kmd sebagai ikhtiar mewujudkan kader melalui pembelajaran intensif.

“Penyelenggaraan pendidikan ini sebagai ikhtiar dalam mengimplementasikan materi perkaderan baitul arqam dan darul arqam “ ujar Dadong. Adapun tujuannya, adalah terbentuknya kader Muhammadiyah yang memiliki ruh atau spirit serta mempunyai integritas dan kompetansi untuk berperan di persyarikatan dalam kehidupan ummat dan dinamika bangsa serta konteks global (fur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here