PC IPM Kota Kendal Gelar Kajian Islam, Ustadz Khaerul Anwar Kupas Tuntas Bulan Suro

0
20 views

KENDALMU.COM | KENDAL. Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PC IPM) Kota Kendal menggelar kajian Islam dalam rangka tahun baru hijriyah (1 Muharram 1443 H) dengan tajuk “Ada Apa dengan Suro ?”. Acara berlangsung dengan tetap mematuhi protocol kesehatn.

Kegiatan yang bersifat umum dan berlangsung pada Selasa pagi (10/8) di Masjid Mujahidin Kendal  itu menghadirkan anggota Majelis Tabligh PDM Kendal, Ustadz Khoirul Anwar sebagai nara sumber tunggal.

Bulan Suro dalam istilah Jawa, kata Khoirul Anwar merupakan sebutan bagi bulan Muharram dalam masyarakat Jawa.

“Kata Suro sebenarnya berasal dari kata “asyura” dalam bahasa Arab yang berarti “sepuluh”, yakni tanggal 10 bulan Muharram” jelasnya.

“Bulan Muharram merupakan bulan pertama dalam penanggalan kalender hijriyah atau kalender Islam” imbuhnya.

Dikatakan, amalan di bulan Muharram yaitu diantaranya puasa sunnah (9, 10 Muharram, ayyamul bidh). Hal tersebut menurutnya sesuai dengan hadist Nabi “Puasa yang paling utama setelah puasa ramadhan adalah puasa pada bulan Allah (Muharram) sementara shalat yang paling utama setelah shlat wajib adalah shalat malam/ tahajud”.

Keutamaan puasa asyura, kata Khoerul Anwar adalah akan dihapus dosanya 1 tahun yang lalu.

Dia juga menghimbau untuk memperbanyak ibadah, bermuhasabah hasananh/intripeksi diri, dan  memperkuat iman.

Ketua PC IPM Kota Kendal, Aldifa Adzani Firdaus mengatakan kajian Islam dimaksudkan untuk menambah wawasan dan melakukan muhasabah diri di awal tahun hijriyah.

“Bulan Muharram bisa disebut juga bulan hijrah, kita juga bisa bermuhasabah diri selama setahun kemarin bisa apa, banyakkah dosa yang sudah kita lalui dan bagaimana kita berhijrah pada bulan ini dan kedepannya.” kata Aldifa.

Dia berharap 1 Muharram bisa dijadikan tonggak dan momentum penting untuk mempersiapkan lebih sungguh-sungguh dalam menghadapi tantangan-tantangan yang akan datang.

BACA JUGA :  PR IPM SMA Muhpat Kendal Periode 2021/2022 Resmi Dikukuhkan

“Kita akan menerima tantangan untuk dihadapi dan diselesaikan dengan serius dalam rangka memperoleh kesuksesan” ujarnya. (hadis)