PCM Singorojo Dekatkan Anak-anak ke Masjid, Ciptakan Generasi Cinta Rumah Allah

0
43 views
SUBUH CERIA. Mendekatkan anak-anak SD dan SMP ke masjid ikhtiar untuk menciptakan yang akan datang untuk memakmurkan masjid. (foto dok. ruby)

 KENDALMU.COM | SINGOROJO. Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Singorojo, Kendal berikhtiar agar di masa depan hadir manusia-manusia muslim yang merawat dan mencintai rumah Allah, yaitu masjid. Upaya yang dilakukan adalah menyelenggarakan pengajian secara rutin, khusus untuk anak-anak di masjid.

Ketua PCM Singorojo, Rubiyadi, menilai, betapa pentingnya melakukan pembinaan kerokhaniyahan kepada anak- anak usia sekolah dasar dan SLTP di lingkungannya yang tempat tinggal mereka tidak jauh dari masjid.

“Sebulan ini kami berikhtiar agar anak-anak bersedia dengan ikhlas untuk masuk ke masjid” kata Rubiyadi pada Jumat pagi (12/2) usai melakukan pembinaan anak-anak di Masjid At Taqwa Desa Ngareanak, Singorojo.

Menurutnya, sekitar ada 45 anak yang mengikuti kegiatan tersebut dan peserta semakin bertambah.

“Mereka kita kenalkan dengan masjid, rumah Allah, tempat kita beribadah, diantaranya adalah shalat lima waktu” imbuhnya.

Beliau menjelaskan mereka tidak sebatas mengijuti pengajian saja, tetapi kita sisipi dengan kegiatan-kegiatan yang lain.

“Setelah pengajian, minum susu bersama dilanjutkan dengan jalan-jalan dan ditutup dengan sarapan pagi bersama jugs” ujarnya.

Terkait dengan materi pengajian yang disampaikan kepada anak-anak mengedepankan aqidah, ahlaq dan ibadah.

“Anak harus tahu cara berbakti kepada Allah sebagai implementasi dari aqidah, tentu ibadah yang rajin” katanya, ‘karena anak-anak hidup dalam keluarga’, lanju beliau, ‘ berbakti kepada orang tua diwujudkan dg mentaati nasehatnya dan tunduk, agar kelak menjadi anak sholeh yang bisa mendoakan mereka di hari kemudian’.

Rubiyadi berharap, melaui kegiatan ini ke depan muncul generasi yang sholeh dan sholekhah dalam kehidupan keluarga dan masyarakat.

“Terciptanya keluarga dimana anak-anak taat atas perintah ke dua orang tua, di masyarakat menciptakan kerukunan, dan di masjid rajin beribadah sholat berjamaah” tutupnya. (ruby)

BACA JUGA :  Sillaturrahmi Dengan PDM Kendal, Dico M Ganinduto : Kendal Menjadi Pilot Projek Pengelolaan Sampah