PCM Sukorejo, KOKAM dan Banser Bersama-sama Pasang Kubah Masjid

0
164 views

KENDALMU.COM | SUKOREJO. Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Sukorejo, Kokam, dan Banser setempat bersama-sama memasang sebuah kubah untuk masjid Al Huda di Desa Tlangu, Kec. Sukorejo. Pemasangan kubah dilakukan sebagai salah satu wujud kebersamaan Ormas Islam dan gotong royong sekaligus untuk memperingati HUT RI ke 76.

Komandan Kokam Cabang Sukorejo, H. Musodiqin mengatakan Ormas – Ormas Islam di Sukorejo perlu dibina dan dipupuk rasa persaudaraan dan persatuannya.

“Salah satu wujud persaudaraan dan saling membantu diantarnya adalah memasang kubah Masjid Al Huda secara bersama-sama” kata Nusodiqin usai pemasangan kubah pada Selasa (17/8).

Dikatakan, bertepatan dengan HUT RI ke 76 pihaknya mengajak Banser melalui Kokam untuk hadir di acara pemasangan kubah Masjid Al Huda sebagai wujud kebersamaan dan ke depan masjid bisa makmur.

“Jadi melalui pemasangan kubah masjid secara bersama diharapkan mampu meningkatkan ukhuwah Islamiyah, memupuk rasa persatuan dan meningkatkan nasionalisme” ungkapnya.

Sementara itu Wakil Ketua PCM Sukorejo, H. Bunyamin menjelaskan masjid merupakan tempat dan fasilitas yang digunakan umat Islam untuk beribadah kepada Allah SWT, serta untuk kegiatan lain yang berhubungan dengan sosial keagamaan. Selain itu, masjid merupakan bangunan yang pertama kali dibangun oleh Nabi Muhammad SAW untuk membina dan menggalang umat Islam sehingga masjid sangatlah akrab keberadaannya dengan umat Islam serta dapat dijadikan sebagai tolok ukur eksistensi umat Islam di suatu daerah.

“Kubah sebagai salah satu komponen arsitektur masjid bukan hanya untuk kemegahan dan keindahan namun juga memiliki fungsi untuk menerangi bagian dalam interior masjid serta sebagai penanda arah kiblat dari bagian luar” kata Bunyamin.

Sedangkan Ketua Takmir Masjid Al Huda Tlangu, Sugeng Widodo menyampaikan keterlibatan Banser dalam peletakan kubah masjid dimaksudkan untuk mewujudkan kerukunan dan kebersamaan umat Islam.

BACA JUGA :  Studi Banding MPM Kendal, JATAM Lamongan Produksi JST 5 Drum Setiap Pekan

“Wujud Islam yang rahmatan lil alamin diantaranya membangun kebersamaan dan persatuan melalui peletakan kubah Masjid Al Huda Tlangu” kata Widodo.

Menurutnya kehadiran bersama antara Kokam, Banser, dan warga Muhammadiyah mendapat respon positif dari warga setempat. (fur)