Home Berita Peduli Musibah Kebakaran Rumah Di Purworejo, PDA Kendal Bantu Para Korban

Peduli Musibah Kebakaran Rumah Di Purworejo, PDA Kendal Bantu Para Korban

0
17 views
SEMBAKO. PC Aisyiyah Ringinarum tidak mau ketinggalan dalam membantu korban di desa Purworejo yang rumahnya terbakar. ( foto dok gofur)

KENDALMU.COM | RINGINARUM. Musibah kebakaran yang menimpa rumah warga dukuh Bayong RT 1 RW 5 desa Purworejo, Kec. Ringinarum pada Ahad malam kemarin (13/9) menyisakan keprihatinan dari berbagai pihak, diantaranya adalah Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kendal yang turut membantu para keluarga korban kebakaran tumah melalui Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHP) PDA Kendal.

Ketua LLHP PDA Kendal, Hj Dwi Puji Rahayu, mengatakan, bantuan yang diberikan atas kerja sama PDA dengan berbagai pihak

“Selain uang empat juta rupiah, kami juga menyerahkan sejumlah sembako, yakni, telur, abon, dan  mie instan” kata Dwi usai menyerahkan bantuan, Selasa sore (15/9) di Posko Kemanusian setempat.

Dana sejumlah empat juta, kata Dwi, bersumber dari PDA Kendal, Lazimu Daerah, PC Aisyiyah Ringinarum, dan para donatur.

Ditambahkan, bantuan tersebut sebagai tahap awal dan Aisyiyah masih akan melakukan penggalangan dana kemanusiaan untuk korban kebakaran di Purworejo.

PUING-PUING. Lima rumah warga dukuh Bayong, desa Purworejo, Kec. Ringinarum yang rumahnya terbakar menyisakan puing-puing.

Sementara itu Kepala Desa Purworejo, Akhmad Zaeni, atas nama pemerintah desa menyampaikan banyak terima kasih atas kepedulian masyarakat, lembaga dan organisasi kemasyarakatan.

“Bantuan yang kami terima dari bebagai pihak kami nilai sebagai salah satu wujud kepedulian sesama manusia, dan melalui pemerintah desa bantuan tersebut akan kami serahkan kepada anggota keluarga yang rumahnya terbakar” katanya.

Sedangkan ketua Satuan Tugas (Satgas) pandemi Covid-19 desa Purworejo, Khundori, mengatakan, Satgas yang dipimpinnya masih berupaya melakukan penggalangan dana untuk meringankan beban keluarga yang rumahnya terbakar.

“Upaya yang kami lakukan oleh Satgas selain menerima bantuan dari berbagai pihak juga menyediakan kotak infaq di pinggir jalan dekat rumah yang terbakar” ujarnya.

“Kami juga menggelar pertandingan sepak bola persahabatan dimana para penontonnya kami pungut uang yang hasilnya kita kumpulkan kemudian sumbangkan kepada keluarga korban kebakaran” imbuhnya.

BACA JUGA :  LPB Kendal Kirim 5 Personil Respon Banjir Jabodetabek & Banjir Bandang Jabar

Menurut Khundori, sampai saat ini dana yang sudah terkumpul untuk para korban yang rumahnya terbakar mencapai Rp 53.600.000; ditambah dengan bahan-bahan sembako.

PEDULI. PDA Kendal disaksikan Kades Purworejo, Akhmad Zaeni menyerahkan bantuan kepada salah satu warganya yang rumahnya terbakar ( foto dok gofur)

Sebagaimana diberitakan, sedikitnya 5 rumah  milik warga dukuh Bayong RT 01/RW 05 desa Purworejo, Kec. Ringinarum  pada Ahad malam (13/9)terbakar. Rumah yang sebagian besar terbuat dari kayu itu ludes terbakar. Kebakaran diduga dari bekas pembakaran sampah yang belum padam dari belakang salah satu rumah warga.Lima rumah yang terbakar yakni Sumono, Suwadak, Mujiono, Nur Sahid dan Suroto. Kelima rumah saling bersebelahan sehingga api mudah merembet.

Menurut sejumlah saksi, sekitar pukul 20.30 WIB terbangun dari tidur dan melihat api sudah membesar dari belakang rumah. Karena panik dan takut Kuyaemahyang menyaksikan kobaran api berlari sambil berteriak minta tolong karena api cepat membesar karena hembusan angin. Dua unit pemadam kebakaran dikerahkan untuk melokalisir api agar tidak merembat ke rumah lainnya.

Kerugian akibat kebakaran ini ditaksir mencapai ratusan juta rupiah, warga yang rumahnya terbakar terpaksa mengungsi di rumah tetangga yang tidak terbakar. Kasus kebakaran ini masih dalam penanganan Polsek Gemuh.(fur)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here