Pelantikan Pimda TSPM Kendal, Dua Anggota PDM Diangkat Didaulat Sebagai Dewan Pembina

0
112 views

KENDALMU.COM | KENDAL. Pimpinan Daerah (Pimda) Tapak Suci Putera Muhammadiyah (TSPM) Kendal periode 2020 – 2025 dikukuhkan oleh Ketua Pimwil Jawa Tengah, Wiwoho Aji Santoso, P.Ua. Pelantikan dilakukan bertepatan pada Milad ke 58 TSPM pada Sabtu (31/7) yang berlangsung di aula lantai 3 gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Kendal. Prosesi pelantikan dilaksanakan dengan mematuhi Protokol Kesehatan.

Dalam pengukuhan tersebut terdapat dua nama anggota PDM Kendal yang ditetapkan sebagai Pembina/penasehat, yakni KH. Iskhaq dan KH. Abdullah Sachur, masing-masing dengan jenjang gelar Pendekar Muda (P.Ma). Muncul juga nama Ketua Majelis Dikdasmen PDM Kendal, Sodiq Purwanto dengan jabatan dan gelar yang sama.

Ketua Pimda TSPM Kendal demisioner, Sugiyanto mengakui selama kepemimpinannya masih terdapat beberapa program yang belum dilaksanakan, dan diharapkan ke depan ketua yang baru bersama jajarannya mampu melaksanakan dan melanjutkan kebijakan-kebijakan yang telah ditempuh.

Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kab Kendal, Moh Arfani yang turut menyaksikan pelantikan mengakui dukungan dari TSPM kepada program-program IPSI telah dirasakannya, dan juga mengapresiasi kepada TSPM Kendal yang selama ini telah setia dalam menciptakan atlet-atletnya yang berprestasi.

“Kami menilai TSPM telah remboko, setia dalam menciptakan atlet – atlet terbaik tingkat provinsi, nasional maupun tingkat dunia” kata Arfani.

Menyinggung keberadaan IPSI di Kendal, Arfani menyampaikan terdapat 13 padepokan pencak silat dengan peraturan yang berbeda-beda, dengan latar belakang keagamaan maupun lainnya.

“Tetapi Pencak Silat dibawah naungan organisasi keagamaan, seperti Muhammadiyah lebih mengutamakan pembinaan karakter, karena pencak silat tidak lepas dari karakter” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Pimda TSPM Kendal yang baru, Suprapto, P.Mdy berharap TSPM Kendal ke depan semakin eksis dengan berusaha menunjukkan prestasinya di tingkat daerah, provinsi, nasional maupun internasional.

BACA JUGA :  Ciptakan Ekonomi Mandiri, Lazismu Kendal Bantu Mesin Pembuat Bakso Kepada PAY Aisyiyah Ringinarum

“Program atlet berprestasi kita lakukan dengan meningkatkan pelatihan yang berprinsip mempertahankan prestasi yang sudah diraih dan meraih prestasi yang belum diraih” kata Suprapto.

Dia juga menyampaikan data pesilat Pimwil Tapak Suci seluruh Indonesia lolos di PON 2021 Papua.

“Dalam mengahadapi PON ke 20 -2021 di Papua telah lolos sebanyak 43 atlet Tapak Suci yang siap berlaga di PON tersebut” ujarnya.

Disampaikannya, dalam rentang enam bulan ke depan TSPM yang dipimpinnya akan melaksanakan beberapa program, diantaranya adalah melakukan koordinasi, konsolidasi dan mempersiapkan Rakerda dan Kejurda virtual.

Sedangkan Ketua PDM Kendal, Ikhsan Intizam meminta kepada jajaran Pimda TSPM Kendal mengembangkan dan menambah anggotanya melalui masjid.

“Masjid milik Muhammadiyah yang di dalamnya ada Remaja Masjid kelihatannya belum dijadikan sasaran untuk mengembangkan dan menambah atlet TSPM” kata Ikhsan.

Dia menegaskan pribadi anggota TSPM terletak pada budi pekerti dan sehatnya badan seseorang.

“Kader-kader Muhammadiyah, termasuk TSPM memiliki pikiran lurus, baik akhlaknya. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat” katanya mengutip teori ahli kedokteran, Ibnu Shina.

Orang yang kuat, kata Ikhsan bukan seperti Mike Tyson, tetapi mereka yang mampu mengendalikan emosi atau marah. (fur)