Penuhi Persyaratan PTM, Sekolah Muhammadiyah di Boja Percepat Vaksinasi

0
86 views

KENDALMU.COM | BOJA. Tahun Ajaran baru 2021/2022 telah berlangsung sejak bulan Juli kemarin, atau setelah berakhirnya daftar ulang bagi siswa yang diterima. Namun Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya, karena Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), termasuk pemberlakuannya di seluruh Kabupaten Kendal.

Pemerintah melalui Kemendikbud memutuskan untuk melaksanakan PPKM Darurat di Jawa dan Bali, namun Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri dan PPKM Darurat memberlakukan untuk daerah yang aman tetap bisa melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas.

Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi bagi sekolah yang akan melaksanakan PTM terbatas diharuskan memenuhi beberapa persyaratan, diantaranya adalah vaksinasi untuk seluruh warga sekolah.

Hal tersebut juga berlaku bagi SMP Muhamamdiyah 2 Boja yang Selasa (21/9) melaksanakan vaksinasi dan berlangsung di SMA Muhammadiyah 2 Boja.

“Vaksinasi dilingkungan sekolah untuk memberikan pelayanan kepada pengajar, peserta didik dan warga sekitar sekola” kata Kepala SMP Muhamamdiyah 2 Boja, Solikin di tengah-tengah pelaksanaan vaksinasi anak didiknya.

Kegiatan vaksinasi, kata Solikin, terselenggara berkat kerja sama dengan Puskesman 1 Boja dan Koramil 13 Boja.

“Vaksinasi berlangsung atas kerja sama dengan Puskesmas 1 Boja dan Koramil Boja yang diikuti oleh 3 warga sekolah” ujarnya.

Menurut Solikin, ke 3 sekolah itu yakni SMP Muhamamdiyah 2 Boja, SMA Muhammadiyah 2 Boja, dan SMA PGRI 4 Boja dengan jumlah 300 an tervaksin.

Dijelaskannya, vaksinasi bagi warga sekolah bertujuan untuk menjamin keberlangsungan pendidikan di tingkat satuan Pendidikan Usia Dini dan Menengah.

“Saat varian delta merebak banyak kalangan dari dunia pendidikan yang gugur. Dengan vaksinasi ini diharapkan peserta didik dan pendidik bisa memiliki imunitas yang tinggi sehingga tidak mudah terpapar,”ungkap Solikin.

Dia berharap bagi warga sekolah yang sudah divaksin tetap mematuhi protokol kesehatan, sehingga PTM terbatas dapat berjalan dengan aman dan lancar.

BACA JUGA :  Selamat Datang dan Selamat Bertugas Ketua Baru STIKES Muhammadiyah Kendal

Sementara itu salah satu peserta didik Muhammad Yusuf yang mengikuti vaksin mengaku awalnya teman-temannya bingung akan jatah vaksin bagi anak di atas 12 tahun.

“Dengan ada vaksinasi di lingkungan sekolah membantu para peserta didik mendapatkan vaksin sehingga memiliki imunitas yang tinggi,” katanya.

Yusuf meminta kepada teman-teman untuk tidak takut dengan vaksin, karena vaksinasi sebagai upaya agar kita tencegah terkena atau mengalami gejala Covid-19 berat. (dafa)