Beranda Dinamika Amal Usaha Percantik Lingkungan Sekolah, Warga MI Muhammadiyah Caruban Bawa Tanaman Bunga

Percantik Lingkungan Sekolah, Warga MI Muhammadiyah Caruban Bawa Tanaman Bunga

0
249 views
SEKOLAH ASRI. Menciptakan suasana asri, dan nyaman di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Caruban, Ringinarum melibatkan guru, dan siswa. (foto dok safi'i)

KENDALMU.COM | RINGINARUM. Sekolah atau madrasah adalah tempat terjadinya proses belajar mengajar membutuhkan lingkungan yang nyaman dan asri sehingga kegiatannya dapat berlangsung dengan lancar. Maka untuk menciptakan suasana kondusif di lingkungan sekolahan dibutuhkan kebersamaan semua warga sekolah, salah satunya dengan dengan menanam bunga atau tanaman hias.

Hal tersebut juga dilakukan oleh Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Caruban, Ringinarum, Kendal. Kegiatan menanam bunga berlangsung selama 4 hari, Kamis – Senin, (10-15/12)

Kepala MI Muhammadiyah Caruban, Safi’i, mengatakan, bahwa kebersamaan dan saling mendukung untuk menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman perlu dilakukan.

“Untuk menciptakan lingkungan sekolah yang indah, sejuk, dan nyaman membutuhkan partisipasi murid, guru, dan seluruh tenaga kependidikan,yaitu dengan membawa tanaman bunga atau tanaman hias ke sekolah” kata safi’i Jumat (18/12)

SEJAK DINI. Menanamkan peduli lingkungan asri, siswa MI Muhammadiyah Caruban, menyerahkan tanaman bunga kepada kepala sekolah (foto dok saf’i)

Kegiatan membawa tanaman bunga menurut beliau dilakukan untuk mengisi jeda waktu setelah tes semester ganjil tahun ajaran 2020-2021 dengan tujuan untuk mempercantik lingkungan sekolah.

“Dengan tanaman bunga atau hias yang ada di lingkungan sekolah, bisa membuat sekolah menjadi enak dipandang mata” ujarnya.

Lebih dari itu, dengan adanya pepohonan yang tumbuh di lingkungan sekolah tentunya akan membuat lingkungan menjadi lebih rindang dan memberikan manfaat penghijauan bagi lingkungan manusia.

Menanam bunga bagi warga MI Muhammadiyah Caruban, lanjut Safi’i, juga dapat dijadikan media belajar maupun objek penelitian siswa, misalnya untuk praktek pelajaran yang mempelajari struktur tumbuhan, mempelajari tentang manfaat tanaman apotik hidup untuk kesehatan dan lingkungan, dan lain sebagainya.

Setelah membawa tanaman bunga atau tanaman hias, lanjutnya, juga dirawat, disiram dan diberi pupuk.

Safi’i berharap, dengan kesediaan warga madrasah membawa tanaman buga ke depan madrasah yang dipimpinnya bisa tampil lebih indah, sejuk, dan sehat sehingga anak-anak bisa belajar dengan nyaman dan dapat menjadi sekolah yang favorit. (fi’i)

BACA JUGA :  Ketua STIKES Muhammadiyah Kendal : Jadilah Perawat Profesional Bernilai Plus