Peringati Hari Pahlawan, SMK Mupat Sukorejo Gelar Festival Budaya Islam

0
36 views

KENDALMU.COM | SUKOREJO. Manusia sebagai makhluk duniawi sudah barang tentu bergulat dan bergumul dengan dunia, terhadap segala segi, masalah dan tantangannya, dengan menggunakan budi dan dayanya serta menggunakan segala kemampuannya baik yang bersifat cipta, rasa, maupun karsa.

Hal itu menunjukkan bahwa hubungan manusia dengan dunia tidaklah selalu diwujudkan dalam sikap pasif, pasrah, dan menyesuaikan diri dengan tuntutan lingkungannya. Tetapi justru harus diwujudkan dalam sikap aktif, memanfaatkan lingkungannya untuk kepentingan hidup dan kehidupannya.

Dari hubungan yang bersifat aktif itu tumbulah kebudayaan yang dikelola dan diuri-uri oleh manusia dalam rangka tercipta kehidupan yang harmonis sesame makhluk ciptaan Tuhan.

Hal itulah yang mendasari SMK Muhammadiyah 4 (Mupat) Sukorejo yang menggelar Festival Budaya Islam (FBI) dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh Rabu kemarin sekaligus menyambut Milad ke 109 Muhammadiyah yang akan jatuh pada 18 November besok.

Kegiatan FBI berlangsung dua hari (8-9/11) di sekolahan setempat.

Kepala SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo, Shofiq Ghorbal, mengatakan, gelaran FBI sebagai media penyaluran bakat dan minat seluruh siswa khususnya di bidang budaya yang bernafas Islam.

“Kami memberi layanan atau panggung untuk dimanfaatkan dalam berkreasi sesuai kemampuan dalam menciptakan keindahan dalam berbudaya Islami’ kata Shofiq di tengah-tengah acara.

“Nuansa Islam kita kembangkan agar anak-anak mendapat pencerahan agama. Ternyata event yang digelar ini mendapat sambutan yang luar biasa” imbuhnya.

Diterangkan, awalnya pihak sekolah memiliki ide menggelar acara Festival Budaya Islam. Kemudian mencari momen yang tepat, yaitu peringatan Hari Pahlawan. Kemudian para siswa yang mengembangkan sehingga terwujud suguhan yang bisa dinikmati bersama dan dijadikan ajang adu kreatifitas bernafaskan Islam.

“Panggung dibuat sedemikian rupa, seluruh ornamen dan acara dirancang para siswa di bawah bimbingan Wakil Kesiswaan” ujarnya.

BACA JUGA :  Tiga Siswa SD Muhamamdiyah Dari Kendal Siap Berlaga di MAPSI Tingkat Provinsi

Terlihat panggung cukup tertata bagus disesuaikan dengan jenis lomba yang akan ditampilkan. Adapun jenis lomba yaitu pidato, qiroah, cerdas cermat, dan musik religius.

Shofiq berharap, kegiatan FBI tidak sebatas menampilkan kreasi budaya dan seni Islami, tetapi siswa mampu menghargai budaya-budaya yang Islami sebagai landasan dalam menjalankan nilai-nilai kehidupan yang luwes dan mencerahkan peradaban. (tina)