Peringati Hari Sampah Nasional, MLH PDM Kendal Sediakan 6 Set Tempat Sampah

0
13 views
TEMPAT SAMPAH. Ketua MLH PDM Kendal, Eko Yunarko (kanan) menyerahkan tempat sampah dan diterima oleh Wakil Ketua dan Koordinator MLH, Moh Zabidi. (foto dok joe)

KENDALMU.COM | KENDAL. Peringatan Hari Sampah Nasional (HSN) tahun 2021 yang jatuh pada tanggal 21 Februari lalu, Majelis Lingkungan Hidup (MLH) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kendal menyediakan tempat sampah sebanyak 6 set.

Tempat sampah diserahkan oleh Ketua MLH PDM Kendal, Eko Yunarko kepada Wakil Ketua PDM Kendal, Moh. Zabidi pada Jumat (2/4) di halaman PDM Kendal.

Ketua MLH PDM Kendal, Eko Yunarko mengatakan salah satu kegiatan dalam rangka Hari Sampah Nasional tahun 2021 adalah melakukan gerakan Muhammadiyah peduli sampah.

“Bentuk kepedulian kami diantaranya adalah menyediakan tempat sampah yang akan kami letakkan di sekitar gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Kendal” kata Yunarko.

Dikatakan, sebelumnya MLH PDM Kendal sudah menginstruksikan tentang peduli sampah kepada warga Muhammadiyah lewat amal usaha Muhammadiyah yang ada di Kendal.

“Peduli sampah dimaknai sebagai bentuk memperlakukan sampah sesuai dengan karakteristik sampah sehingga masyarakat bisa memilah dan memilih mana sampah yang bisa memberi nilai ekonomi dan mana sampah yang tidak” ujarnya.

Dia berharap dengan penyediaan tempat sampah di lingkungan gedung PDM bisa menjadi percontohan di setiap AUM di Kendal.

“Setiap set terdapat 3 tempat sampah dengan warna yang berbeda, yakni warna hijau untuk sampah organik, warna kuning  khusus limbah, dan warna merah untuk anorganik” jelas Eko Yunarko.

Setelah jenis-jenis sampah tertampung, lanjutnya akan dilakukan pemilahan, yaitu jenis sampah organik bisa diolah menjdi pupuk organik, sampah non organik di buang di tempat penampungan sampah.

Sementara itu Wakil Ketua PDM Kendal, Muh Zabidi mengapresiasi atas inisiasi dan praktek nyata Majelis Lingkungan Hidup dalam peringatan Hari Sampah Nasional.

“Gerakan Muhammadiyah peduli sampah bisa dilakukan sampai di tingkat Pimpinan Ranting Muhammadiyah” kata Zabidi.

BACA JUGA :  Pengajian Ahad Pagi Di Boja Dimulai Lagi, Hadirkan Prof Yusuf Suyono

Dia berharap dalam pengelolaan sampah bisa meniru di beberapa negara maju, seperti Jepang.

Di Jepang, kata Zabidi pengelolahan sampah dilakukan dengan tertib berprinsip pada ramah lingkungan.

“Hal yang sama bisa dilakukan di amal usaha Muhammadiyah, khususnya di rumah sakit milik Muhammadiyah.

“Di amal usaha kesehatan di muhammadiyah misalnya di RSI Muhammadiyah Kendal yang sudah menerapkan pengelolaan sampah infeksius dan non infeksius” katanya.

Dia berharap gerakan peduli sampah terus dikampanyekan bersama sampai masyarakat sadar akan sampah dan memperlakukannya dengan bijak.

“Gerakan ini bisa dikampanyekan bersama, melalui iklan atau pesan video kepada warga muhammadiyah di kendal, agar menjadi sebuah kebiasaan” pungkasnya. (joe)