Pertama di Indonesia, UMP Mendeklarasikan Sebagai Kampus GJDJ

0
7 views

KENDALMU.COM | BANYUMAS. Perguruan tinggi milik Muhammadiyah, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Banyumas, Jawa Tengah mendeklarasikan diri sebagai kampus Gerakan Jamaah Dakwah Jamaah (GJDJ) di Indonesia. Acara deklarasi itu dikemas dalam Apel Akbar yang berlangsung pada Senin (7/5) di kampus tersebut dengan protokol kesehatan yang ketat.

Dikutip pada laman republika.co.id, Rektor UMP Dr Jebul Suroso menyebutkan, deklarasi GJDJ dimaksudkan untuk memupuk semangat istiqomah mendekatkan diri pada Allah SWT. ”GJDJ bukan hanya untuk menjaga kualitas SDM UMP di hadapan Allah SWT, tetapi juga untuk meningkatkan kualitas silaturahmi antar sesama manusia,” jelasnya.

Menurutnya, seluruh kader Muhammadiyah yang bergerak dalam upaya membesarkan amal usaha persyarikatan, tentu telah melaksanakan pekerjaannya dengan berpegang pada prinsip kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas.

”Yang sekarang perlu kita lakukan, adalah bagaimana kita warnai hari-hari kita dengan kedekatan pada Allah SWT,” katanya.

Adapun Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Banyumas, Dr Ibnu Hasan, dalam kesempatan itu menuturkan GJDJ merupakan gerakan dakwah yang dilaksanakan oleh unit-unit jamaah. Alasan dibentuknya gerakan ini, karena untuk melakukan dakwah diperlukan jejaring.

”Siapapun pelaku dakwah, jika tidak menggunakan jejaring maka tidak mampu. GJDJ dicanangkan, antara lain untuk memperkuat jejaring internal dan eksternal, sehingga aktivitas dakwah yang dilakukan menjadi lebih  efektif,” ujarnya.

Ketua PWM Jateng, Tafsir menyebutkan,  GJDJ adalah konsep yang sebenarnya sudah lama digagas oleh Muhammadiyah, namun belum bisa berjalan sepenuhnya. ”Melalui deklarasi yang dilakukan di UMP, kami berharap gerakan serupa juga bisa dilaksanakan amal usaha lain di Muhammadiyah,” kata dia.

BACA JUGA :  Gelar One Day Seminar, SMK Muga Weleri Gandeng PT MMKI (Siapkan 10 Lulusan TKRO Ikuti Seleksi Calon Tenaga Kerja)