Pilbup Selesai, Wakil Ketua PDM Kendal : Muhammadiyah Belum Waktunya Mengucapkan Selamat Kepada Cabup-Cawabup Terpilih

0
86 views
ABDULLAH SACHUR. Insya Allah Muhammadiyah Kendal akan mengucapkan selamat kepada calon Bupati dan Wakil Bupati Kendal setelah pasangan tersebut ditetapkan oleh lembaga yang berwenang, yaitu Komisi Pemilihan Umum (KPU). (foto dok google)

KENDALMU.COM | KENDAL. Pesta demokrasi, pemilihan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Kendal tanggal 9/12 lalu telah berakhir, hasil perolehan suara masing-masing pasangan Cabup-Cawabup Kendal telah diketahui oleh publik, dan diketahui juga pasangan nomor urut 1, Dico M Ganinduto – H. Windu Basuki (Di-Bas) memperoleh suara terbanyak, namun demikian secara kelembagaan Muhammadiyah Kendal belum waktunya mengucapkan Selamat kepada Di-Bas, meskipun kami baca di medsos sudah ada organisasi yang mengucapkan selamat.

Demikian pendapat Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kendal, H. Abdullah Sachur pada Kamis malam (10/12) ketika dihubungi kendalmu.com melalui telepon seluler.

“Kalau mengucapkan selamat secara nafsi-nafsi, pribadi, dipersilahkan, karena itu haknya, tetapi jangan membawa-bawa bendera persyarikatan Muhammadiyah” pesan Sachur.

Muhammadiyah Kendal, lanjutnya, insya Allah akan mengucapkan selamat kepada calon Bupati dan Wakil Bupati Kendal setelah pasangan tersebut ditetapkan oleh lembaga yang berwenang, yaitu Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Terkait pelaksanaan Pilbup di Kendal 2020, beliau menilai relatif aman dan lancar, yang sebelumnya berdasarkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP), Kabupaten Kendal menjadi salah satu dari 10 Kabupaten/Kota dengan tingkat kerawanan tertinggi dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Tingkat kerawanan Pilbup di Kendal, menurut Abdullah Sachur, yang juga Koordinator Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) PDM Kendal, pernah disampaikan dalam diskusi lintas lembaga dan Ormas di Kendal beberpa waktu lalu.

“Kerawanan Pilbup di Kendal salah satunya karena faktor pandemi Covid-19, dan Kabupaten Kendal masuk zona merah” ungkapnya

“Namun faktanya, saya lihat Pilbup Kendal berjalan aman, lancar, dan damai. Semoga dalam Pilgub di Kendal ini tidak ada klaster baru” ujar Sachur.

Beliau meminta kepada Cabup – Cawabup Kendal apabila telah ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kendal periode 2020 – 2024 segera melaksanakan program – programnya.

BACA JUGA :  Upgrading Jurnalis Kendalmu.com Putaran Ke 2, Pesertanya Membludak

“Apa saja janji – janjinya yang disampaikan ketika kampanye kepada rakyat Kendal segera diwujudkan, yaitu menciptakan Kendal berkemajuan, Kendal Beribadat”

Beliau juga mengakui, bahwa warga Muhammadiyah di Kendal dalam Pilbup kemarin telah mempraktekkan politik Muhammadiyah, yaitu menempatkan posisi semua pasangan Cabup – Cawabup sama.

“Adapun pilihannya dipersilahkan sesuai hati nuraninya masing-masing, dan bisa menilai sendiri setiap Paslon” ujarnya. (fur)