PIMDA TSPM Kendal Gelar Musyda Ke VII

0
0 views
BEBAS JAMPI JAMPI. Wakil ketua PDM Kendal, H. Yusuf Darmawan mengingatkan, bahwa TSPM dalam prakteknya adalah pencak silat berbasis Islam, lepas dari jampi-jampi dan roh halus ( foto dok dyah)

KENDALMU.COM | WELERI. Pimpinan Daerah (PIMDA) 070 Tapak Suci Putera Muhammadiyah (TSPM) Kendal menggelar Musyda ke 7. Musyda berlangsung pada Kamis (12/12) di SMK Muhammadiyah 3 Weleri dan dibuka langsung oleh wakil ketua PDM Kendal, H, Yusuf Darmawan.

Dalam sambutannya beliau mengingatkan kepada seluruh anggota TSPM tentang peran dan fungsi perguruan Tapak suci Puetra Muhammadiyah, yaitu sebagai salah satu Ortom Muhammadiyah yang memiliki peran strategis dalam pembentukan karakter yang sehat secara fisik maupun psikis.

“TSPM sebagai Ortom Muhammdiyah berperan membentuk karakter sehat secara fisik maupun psikis. TSPM juga sebagai perguruan pencak silat berbasis Islam memiliki peran penting dalam membentuk karakter anggotanya” kata Darmawan.

Karakter Islam, menurut beliau, adalah karakter mulia yang mengakar kuat pada setiap anggota pada gilirannya nanti akan menjadi generasi yang memiliki tanggung jawab terhadap Islam.

Beliau menjelaskan, bahwa tapak suci sebagai bagian dari pencak silat di Indonesia dalam prakteknya memiliki dua tenaga, yaitu tenaga dalam dan tenaga luar.

“Tenaga dalam adalah kekuatan terpadu antara jasmani dengan kesadaran yang terhubung dengan konsentrasi, sedangkan tenaga luar menurut pengertian bela diri adalah tenaga yang dikomando oleh akal” ungkapnya.

Ditegaskan juga, bahwa TSPM adalah bagian dari Ortom Muhammadiyah yang mengalami pergulatan bebas dari Takhayul Bit’ah dan Churrafat , TBC yang dalam pelatihannya lepas dari jampi-jampi atau memanggil ruh-roh halus untuk membantu tenaga yang dikeluarkan dalam tubuh.

Beliau menyampaikan, bahwa PDM Kendal memback up penuh diselenggarakannya Musyda dan berpesan kepada seluruh peserta Musyda untuk memilih calon-calon pimpnan TSPM yang mampu membawa TSPM ke depan lebih baik.

Tamu undangan dan peserta Musyda ke 7 Pimda TSPM Kendal (foto dok dyah)

Sementara itu ketua panitia Musyda, M. Shobirin mengatakan, bahwa Musyda ke 7 diikuti 27 peserta utusan masing-masing cabang.

BACA JUGA :  Digigit Ular, Guru TK ABA Terima Bantuan Lazismu dan IGABA Kendal

“Di Pimda 070 Kendal terdapat 9 cabang latihan yang dalam perkembangannya masih belum merata di setiap cabang. Idealnya ada 21 cabang latihan sesuai dengan jumlah PCM yang ada di daerah Kendal” kata Shobirin.

Beliau berharap perhelatan Musyda ke 7 dapat berjalan dengan lancar dan mampu menghasilkan keputusan-keputusa strategis, yaitu terpilihnya jajaran Pimda 070 TSPM Kendal 2019-2024 yang mampu melaksanakan program-progra kerja.

Sedangkan ketua Pimda 070 Kendal, Sugiyanto menyambut baik dilaksanakannya Musyda ke 7 sebagai forum re organisasi di tubuh TSPM Kendal.

Pembukaan Musyda dihadiri juga oleh sekretaris TSPM Jateng, M. Rusdiyanto, ketua IPSI Kab. Kendal, M. Arfani, dan anggota IPSI Kab. Kendal, yaitu IKSPI Kera Sakti dan LBI Harimau Putih. (dyah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here