Pimpinan Redaksi Kendalmu.com Ajak Peserta Upgrading Jurnalis Menyehatkan Portal Kendalmu.com

0
94 views

KENDALMU.COM | SUKOREJO. Sehatnya sebuah media sosial, seperti kendalmu.com, sebagai situs berita online apabila setiap harinya mendapat nutrisi-nutrisi secara rutin, yaitu pasokan berita-berita yang bersifat hard news secara rutin setiap harinya minimal dua sampai tiga berita yang terunggah.

Demikian kata Pimpinan Redaksi Kendalmu.com, Abdul Ghofur, ketika menjadi salah satu nara sumber dalam kegiatan upgrading jurnalis kendalmu.com pada Sabtu (5/12) di SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo.

Menurut beliau, rendahnya sebuah media sosial seperti situs berita diantaranya karena faktor konten-konten yang disajikan tidak hard new, sehingga tidak begitu diminati oleh publik.

“Apalagi kalau peristiwa yang disajikan dalam bentuk berita usang “ imbuhnya.

Ketika Ghofur mencoba bertanya kepada peserta terkait eksistensi kendalmu.com, hampir semua peserta tidak mengenal situs tersebut.

“Berarti bisa kami katakan, bahwa website kendalmu.com masih asing ditelinga kalian” ujarnya.

Dikatakan, bahwa kendalmu.com sebagai sebuah media dakwah, informasi dan komunikasi yang dikelola oleh MPI PDM Kendal menyajikan konten berita seputar dinamika persyarikatan Muhammadiyah di Kendal, dan opini dari praktisi.

“Kami sudah berusaha semua kegiatan Muhammadiyah di Kendal yang diselenggarakan oleh AUM, PCM, dan Ortom kami liput untuk diaploud di kendalmu.com, namun faktanya masih cukup banyak yang tidak kami ketahui sehingga luput dari pemberitaan”

Beliau berharap melalui upgrading jurnalis, keberadaan kendalmu.com lebih dikenal oleh warga Muhammadiyah khususnya.

“Jadikan situs kendalmu.com sebagai pusat informasi dinamika Muhammadiyah di Kendal, dan setiap harinya bisa diklik” pintanya.

Ikhtiar selanjutnya, beliau meminta seluruh peserta setelah penguatan ini bisa menempatkan diri sebagai kontributor kendalmu.com di masing-masing AUM, PCM, dan Ortom.

“Kemampuan kami terbatas untuk mendatangi seluruh kegiatan-kegiatan Muhammadiyah yang ada di Daerah Kendal untuk diliput”

BACA JUGA :  Dedi Kurniawan, Angggota KOKAM Terima Bantuan Lazismu Untuk Jualan Papeda

Abdul Ghofur selaku pimred kendalmu.com, juga menyampaikan teknik menulis berita di medsos yang benar berdasarkan kaidah jurnalistik.

“Unsur dalam menulis berita harus memenuhi 5 w plus 1 h” katanya.

Unsur-unsur tersebut, yaitu what, apa yang sedang terjadi, who, siapa yang terlibat dalam kegiatan atau peristiwa tersebut, why, mengapa peristiwa itu terjadi, when, kapan kegiatan itu terjadi, where, dimana kegiatan itu berlangsung, dan how, bagaimanakan kegiatannya.

“Jika kesulitan, cukup garis besarnya yang ditulis. Kami akan mengembangannya tanpa meninggalkan isi pokok berita” pungkasnya. (susilo)