Respon Banjir di Kota Kendal, MDMC Siapkan 1500 Nasi Bungkus

0
198 views
MENANAK NASI. Relawan Muhammadiyah Kendal mengaduk sebagai proses menanak nasi untuk warga terdampak banjir di Kota Kendal (foto dok yaya)

KENDALMU.COM | KOTA KENDAL. Bencana banjir yang melanda hampir di seluruh Kelurahan di Kota Kendal sejak Sabtu (6/2) direspon oleh Muhammadiyah Disaster Management Centre (MDMC) Daerah Kendal dengan mendirikan dapur umum untuk menyiapkan dan mendistribusikan nasi bungkus kepada warga yang terdampak banjir tersebut.

Ketua MDMC Daerah Kendal, Moch Hafidz, mengatakan, MDMC merasa terpanggil dalam bentuk respon bencana banjir yang terjadi kemarin Sabtu.

“Hasil koordinasi MDMC dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kab. Kendal adalah pembagian tugas dalam merespon banjir di Kota Kendal” kata Hafidz pada Ahad sore (7/2)

BUNGKUS. Ibu ibu Aisyiah dan NA membungkus nasi untuk didistribusikan kepada warga di Kota Kendal yang terdampak banjir (foto dok gofur)

Beliau menjelaskan, pembagian tugas diantaranya adalah mendirikan dapur umum oleh MDMC, menyiapkan dan mendistribusikan nasi bungkus.

“Malam ini kami menyiapkan dan mendistribusikan sebanyak 1500 nasi bungkus untuk warga yang ada di 4 Kelurahan, yaitu Kalibuntu, Kebondalem, Bandengan, dan Pegulon. Adapun untuk sarapan pagi jumlahnya kami menunggu hasil dari assesment ” terangnya.

Beliau berharap dapur umum bisa berjalan dengan lancar, para relawan dapat melaksanakan tugas dengan baik, mampu menyediakan dan mendistribusikan nasi bungkus sesuai jadwal.

Dikatakan juga, dalam mendirikan dapur umum pihaknya mengerahkan sebanyak 30 relawan yang tergabung dalam One Muhammadiyah One Response.

“Dapur umum kami dirikan di komplek Gedung Dakwah Muhammadiyah Kendal yang dibantu oleh para relawan” imbuhnya

SIAP. Penyerahan nasi bungkus dari MDMC kepada petugas yang selanjutnya siap didistribusikan kepada warga terdampak banjir di Kota Kendal. (foto dok gofur)

Terkait dengan logistik dapur umum yang didirikan oleh MDMC Kab. Kendal, Koordinator Poskor Muhammadiyah respon banjir di Kendal, Donny Halim Mutiasa, menjelaskan, seluruh peralatan dapur umum menggunakan peralatan yang dimiliki oleh MDMC.

“Adapun bahan-bahan untuk nasi bungkus, seperti beras, telur, minyak goreng, dan bumbu-bumbu dapur sementara ini bantuan dari Lazismu Daerah Kendal, PC Aisyiyah Kota Kendal, CV Agra Kontruksi Weleri dan donator lainnya” kata Donny.

BACA JUGA :  Mengimplementasikan Mata Pelajaran PAI, SMA Muhpat Kendal Gelar Tahfidz Al Quran

Distribusi nasi bungkus, lanjut Donny, dijadwalkan malam ini bisa sampai kepada warga mulai pukul 19.00 WIB. (fur)