RS PKU Aisyiyah Kendal Segera Beroperasi, Tim Dinkes Lakukan Visitasi Verifikasi Ijin Operasional

0
879 views
SIAP OPERASIONAL. RSA PKU Aisyiyah Kendal siap beroperasi melayani masyarakat umum di bidslang kesehatan. (foto dok fur)

KENDALMU.COM | KANGKUNG. Rumah Sakit Pembina Kesehatan Umum (RS PKU) Aisyiyyah Kendal yang beralamat di jalan Soekarno – Hatta Kangkung, Kendal segera beroperasi melayani masyarakat umum di bidang kesehatan. Persiapan operasional RS PKU Aisyiyah ditandai dengan hadirnya Tim Dinas Kesehatan dalam rangka melakukan visitasi verifikasi ijin operasional pada Senin (6/12).

Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyyah (PDA) Kendal, Muslikhah mengatakan pihaknya menghadirkan dinas-dinas terkait dan lembaga lain yang berhubungan dengan visitasi dalam rangka diperolehnya ijin operasional RS PKU Aisyiyah Kendal.

“Kami kedatangan empat lembaga yang berwenang melakukan visitasi verifikasi ijin operasional, yakni Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia, dan DPMPSP Kabupaten Kendal” kata Muslikhah.

Dijelaskan, RS PKU Aisyiyah melakukan persiapan visitasi setahun yang lalu, tetapi karena pandemi Covid 19, visitasi baru bisa dilaksanakan bulan ini.

“Alhamdulillah di bulan terakhir tahun ini kami melakukan visitasi” ujarnya.

Dia berharap, setelah dilakukan visitasi verifikasi segera RS PKU Aisyiyah mendapat ijin operasional.

Diketahui sesuai dengan peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 56 Tahun 2014, pengertian ijin operasional rumah sakit adalah ijin yang diberikan oleh pejabat yang berwenang sesuai dengan kelas rumah sakit kepada penyelenggara atau pengelola rumah sakit untuk menyelenggarakan pelayanan kesehatan setelah memenuhi standar dan persyaratan yang ditetapkan oleh Peraturan Menteri.

VISITASI. Suasana visitasi verifikasi ijin operasional RSA Kendal oleh pihak terkait dengan pihak pengelola. (foto dok fur)

Sementara itu Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kendal, Ikhsan Intizam menyampaikan, berdirinya RS PKU Aisyiyah Kendal sebagai salah satu hasil ikhtiar, kiprah, doa, dan gerakan Aisyiyah dalam mewujudkan Amal Usaha Muhammadiyah di lini kesehatan.

“RS PKU Aisyiyah sebagai media dakwah Islam Muhammadiyah melalui bidang kesehatan supaya gerakannya semakin mantap” kata Ikhsan.

BACA JUGA :  Kembangkan Media Online, MPI Kendal dan Admin Kendalmu.com Ikuti Sarasehan dan Rakerwil Di UMP

Menurutnya, Muhammadiyah dan Aisyiyyah ibarat satu keluarga yang terdiri suami dan istri untuk mewujudkan keluarga yang bahagia.

“Muhammadiyah dan Aisyiyah dalam wadah Islam berperan dan bersinergi untuk berjuang, berdakwah Islamiah dengan melayani ummat untuk digembirakan” terangnya.

Ikhsan berharap, setelah visitasi verifikasi ini dilaksanakan segera memperoleh ijin operasional dan seluruh stakeholder RS PKU Aisyiyah bekerja dengan baik.

“RS PKU Aisyiyah Kendal dibangun dan beroperasi sebagai amanah yang kami percayakan kepada jajaran pimpinan RS PKU Aisyiyah supaya bekerja dengan baik, bersyukur, berdo’a dan berorganisasi” pintanya.

Turut hadir dan mendampingi visitator antara lain Direktur RSI Kendal, dr Suhadi, Direktur RS PKU Aisyiyah Kendal dr. Hanif Furqon, anggota BPH RSI, Budiyanto, jajaran MPKU PDM Kendal, dan jajaran PDA Kendal. (fur)