RSU Muhammadiyah DaruI Istiqomah Kaliwungu Gelar Orientasi Untuk Pegawai Baru, Pahamkan Status Rumah Sakit dan Peran Pegawai

0
130 views

KENDALMU.COM | KALIWUNGU. Rumah Sakit Darul Istiqomah (RSDI) Muhammadiyah Kaliwungu menyelenggarakan orientasi diperuntukkan bagi pegawai baru di lingkungan rumah sakit tersebut.

Kegiatan yang berlangsung pada Kamis (23/12) diikuti oleh 33 pegawai baru, terdiri para perawat, dokter, rekam medis, laborat, dan gizi.

Kegiatan orientasi dibuka langsung oleh Direktur RSDI Muhammadiyah Kaliwungu, dr Rokhmat.

Kepala Divisi Sumber Daya Insani (SDI), Mahzunatul Aini mengatakan, kegiatan orientasi ini seyogyanya sudah berlangsung tahun kemarin, tetapi karena pandemi Covid-19 baru bisa dilaksanakan saat ini.

“Sebenarnya dilakukan setelah pegawai baru, karena pandemi, baru bisa dilaksanakan hari ini” kata Aini.

Diterangkan orientasi dimaksudkan untuk memahamkan kepada seluruh pegawai baru tentang pentingnya fungsi amal usaha Muhammadiyah di bidang kesehatan, yakni Rumah Sakit Darul Istiqomah, juga supaya seluruh pegawai memahami peran yang harus dilakukan selama menjadi pegawai.

“Muhammadiyah mendirikan rumah sakit sebagai media dakwah lewat kesehatan, dan setiap pegawai memiliki peran, tugas dan beban yang bisa mempertahankan nilai akreditasi RSDI” katanya lagi.

Menurutnya, setiap pegawai baru wajib mengikuti orientasi dan memahami seluruh materi yang disampaikan oleh para nara sumber, seperti pedoman hidup Islami warga Muhammadiyah, Budaya pelayanan Islami dan service excellen, Manajemen komplen, Pengenalan SDI dan tata Tertib RS, Pengenalan Pelayanan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP), Keselamatan pasien,. Keselamatan Kerja dan Penggunaan Apar, Pencegahan dan Pengendalian Infeksi, Pengenalan Bantuan Hiodup Dasar (BHD), dan Pengenalan Hak Pasien dan Keluarga (HPK).

Sementara itu Direktur RSDI Muhamamdiyah Kaliwungu, dr Rokhmat berharap dalam kegiatan orientasi seluruh pegawai memiliki pemahaman yang sama dan memberi kontribusi yang didasari rasa bangga dan memiliki terhadap RSDI.

“Dimanapun posisi kalian dalam bekerja di RSDI harus berorientasi untuk kemajuan RSDI” kata dr Rohmat.

BACA JUGA :  Ciptakan Generasi Unggul, Igaba Kendal Gelar Seminar Parenting

Sebagai pelaksana di beberapa unit yang ada di RSDI, lanjut dia, harus punya komitmen tinggi untuk mengembangkan dan memajukan rumah sakit kita.

Menurutnya, RSDI segera akan berkembang dengan bangunan fisik yang berstandar rumah sakit dalam rangka memberi pelayanan yang prima kepada seluruh pengguna atau pasien.

“Ketika sebuah rumah sakit dibangun sesuai standar, masyarakat akan memilih  sesuai keinginan, atau selera. Maka agar diminati oleh masyarakat, RSDI bisa tampil menarik, tidak hanya untuk berobat tetapi memiliki daya tarik tersendiri sehingga yang berobat merasa nyaman” terangnya.

Dia meminta kepada seluruh pegawai bisa mengimbangi perkembangan RSDI yang merencanakan membangun gedung lantai 7.

“Dukungan seluruh stakeholder RSDI mutlak dilakukan’ tegas Direktur.

Sedangkan Ketua BPH RSDI Kaliwungu, Budiyanto mengingatkan bahwa pasar bebas sudah dibuka dan setiap lembaga, termasuk amal usaha Muhammadiyah  di bidang kesehatan akan berkompetisi.

“Bentuk kompetisi rumah sakit adalah memiliki pelayanan prima yang didukung dengan fasilitas yang lengkap” kata Budiyanto.

Pelayanan Prima di Rumah Sakit, kata dia adalah pelayanan terbaik yang diberikan oleh pegawai untuk memenuhi, bahkan melampaui harapan pengguna jasa rumah sakit. Dimana harapan ini ditentukan oleh pengalaman masa lalu terhadap jasa atau produk yang pernah digunakan. (fur)