Sambut Ramadhan PR IPM SMK Mupat Sukorejo Gelar Pengkaderan Pengurus Kelas

0
21 views

KENDALMU.COM | SUKOREJO. Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1442 H, Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammdiyah (PR IPM) SMK Muhammadiyah 4 (Mupat) Sukorejo mengadakan pengkaderan bagi seluruh pengurus kelas. Kegiatan berlangsung sehari penuh pada Kamsi (8/4) dan diikuti oleh 62 peserta utusan dari setiap kelasnya.

Ketua panitia, Efendi Saputra mengatakan pelatihan dimaksudkan untuk men-charge kembali suasana iman dan imum yang ada pada setiap pengurus kelas khususnya dalam menyambut bulan Ramadhan

“Pengurus kelas sebagai orang pilihan yang bertugas sebagai pemimpin dan mengawasi pelaksanaan organisasi kelas perlu memiliki iman dan imun dalam menyambut bulan suci ramadhan 1442 H” kata Efendi.

Menurutnya, kelas adalah pengelompokkan sejumlah individu ke dalam suatu grup yang difokuskan pada kegiatan belajar-mengajar.

“Dalam pelaksanaannya, kelas biasanya memiliki kepengurusan yang ditentukan bersama, baik melalui sistem musyawarah, voting, maupun penunjukkan langsung dari wali kelas. Pembagian tugas ini didasarkan pada kemampuan siswa dan diharapkan baik siswa maupun kelas dapat berjalan dengan lancar” bebernya.

Sementara itu Ketua PR IPM SMK Mupat Sukorejo, Sandi Setyawan mengatakan setiap pengurus kelas selain memiliki ketrampilan dalam mengurus kelasnya juga memiliki sisi spiritual dan jiwa enterpreunership.

“Setiap pengurus kelas tidak hanya mampu mengendalikan suasana kelas agar kondisif dalam rengka terciptanya proses pembelajaran yang baik dan lancar, tetapi jiwa kebatinan setia pengurus terisi dengan iman” jelas Sandi.

Sedangkan Kepala SMK Mupat Sukorejo, Shofiq Ghorbal mengatakan bahwa 62 pengurus kelas adalah pilihan dari 860an peserta didik SMK Mupat Sukorejo.

“Mereka pengurus kelas tidak sebatas seperti siswa pada umumnya, pengurus kelas memiliki karakter, santun dan mampu menjadi uswatun hasanah kepada siswa yang lain” ujarnya.

BACA JUGA :  9 Desa di Kab. Pekalongan Terendam Banjir, Pondok Modern Darul Arqom Patean Pasok Sembako

Dia berharap dengan pengkaderan bagi pengurus kelas sebagai langkah pembelajaran demokrasi yang berdasarkan musyawarah mufakat agar siswa melek domokrasi dan gemar bermusyawarah sejak dini.

Materi dalam kegiatan ini antara lain Tarhib Ramadhan, Leadership dan Mengenal Organisasi yang disampaikan oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan SMK Mupat, Wardanni Tri Widodo dan jajaran PC IPM Sukorejo, yaitu Sapta Pasa Novyanti. (bay)