Satukan Visi dan Misi, FKKS SD/MI Muhammadiyah se Jateng Gelar Raker

0
104 views
IWAN JUNAIDI. Ketua Majelis Dikdasmen PWM jateng, Iwan Jinaidi, forum FRKKSD/MI Muhammadiyah ini bisa dijadikan sebagai media sharing antar Kepala Sekolah/Madrasah Muhammadiyah. Bagi sekolah/madrasah Muhammadiyah yang siswanya di bawah seratus, jangan kecil hati. (foto dok sri)

KENDALMU.COM | WELERI. Forum Kerja Kepala Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah se Jawa Tengah menggelar Rapat Kerja (Raker) yang berlangsung pada Rabu (18/11) di SD Muhammadiyah Weleri, Kendal. Raker dimaksudkan untuk menyatukan visi dan missi SD/MI di bawah naungan Majelis Dikdasmen Muhammadiyah.

Ketua FKKSD/MI Muhammadiyah Jawa Tengah, Pamuji Raharjo, mengatakan, diperlukan pandangan dan pemahaman yang sama dari seluruh SD dan MI Muhammadiyah se Jawa Tengah.

“Forum yang mulia ini selain sebagai media sillaturrahmi juga untuk mengingatkan kembali tentang maksud dan tujuan Muhammadiyah mendirikan sekolah dasar” kata Pamuji.

Dijelaskan, maksud dan tujuan Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah adalah membentuk manusia muslim yang beriman, bertaqwa, berakhlaq mulia, cakap, percaya pada diri sendiri, berdisiplin, bertanggung jawab, cinta tanah air, memajukan serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan, beramal menuju terwujudkanya masyarakat utama, adil, dan makmur yang diridhoi Allah SWT serta menghasilkan SDM yang handal.

“Kami memahami visi dan missi antara SD/MI Muhammadiyah satu dengan lainnya secara redaksional bisa jadi berbeda, tetapi kami yakin memiliki visi dan missi yang sama, yaitu mewujudkan siswa yang bertaqwa, cerdas dan berbudi luhur” ungkapnya.

Beliau berharap, FKKSD/MI Muhammadiyah mampu menghasilkan beberapa rekomendasi, diantaranya adalah ketersediaan SD Muhammadiyah yang maju untuk saling support diantara SD/MI Muhammadiyah yang dinilai kurang maju.

SERIUS. Jajaran Kepala SD/MI Muhammadiyah se Jawa Tengah serius mengikuti Rapat Kerja Forum Kerja Kepala SD/MI Muhammadiyah di SD Muhammadiyah Weleri, Kendal (foto dok galuh)

Sementara itu Bendahara Majelis Dikdasmen PDM Kendal, H. Moch Fattah, menyampaikan, perlunya pembinaan Kepala Sekolah/Madrasah Muhammadiyah dan jajaran guru.

“Pembinaan dan pengarahan yang dilakukan secara terus menerus dimaksudkan agar sekolah Muhammadiyah mengalami kemajuan dan berkualitas” kata Fattah.

Tetapi parameter kemajuan dan keunggulan sekolah Muhammadiyah, menurut beliau, tidak semata diukur dengan banyaknya jumlah siswa, tetapi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan memahami dan melaksanakan ideologi Muhammadiyah.

BACA JUGA :  Selama Hadapi Covid-19, Seluruh Siswa SMK Muga Weleri Dapat Keringanan Biaya Sekolah

“Sehingga kepala sekolah, guru dan tenaga non kependidikan berperan tidak hanya mengajar, mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didik, tetapi mendidik harus diniati ibadah” ujarnya.

Khusus kepada Kepala Sekolah/Madrasah, beliau berpesan, supaya setiap Kepala Sekolah harus kreatif dan inovatif dalam rangka mengembangkan dan memajukan sekolahannya.

Sedangkan Ketua Majelis Dikdasmen PWM Jawa Tengah, Iwan Junaidi, mengapresiasi kegiatan FKKS Muhammadiyah se Jawa Tengah

“Forum ini bisa dijadikan sebagai media sharing antar Kepala Sekolah/Madrasah Muhammadiyah. Bagi sekolah/madrasah Muhammadiyah yang siswanya di bawah seratus, jangan kecil hati. Tetap semangat dan kreatif, tidak segan-segan untuk belajar dengan sekolah yang lebih maju. Sedangkan bagi sekolah yang siswanya di atas lima ratus mestinya ada kepedulian dengan sekolah Muhammadiyah yang siswanya sedikit” paparnya.

FKKS SD/MI Muhammadiyah tersebut diikuti lebih dari seratus Kepala SD/MI Muhammadiyah. Mereka hadir dari berbagai daerah yang ada di Jawa Tengah. (galuh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here