SBM Angkatan ke 3, Jaring 45 Calon Usahawan Sukses

0
0 views
ORIENTASI. Ketua MEK PDM Kendal H. Moechammad Noer Agoes Hidayat, ST menyampaikan orientasi pada peserta Sekolah Bisnis Muslim (SBM) angkatan ke 3 (foto dok din)

KENDALMU.COM | WELERI. Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan (MEK) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kendal melalui Sekolah Bisnis Muslim (BSM) kembali menyelenggarakan perekrutan calon usahawan. Mereka yang terjaring sebanyak 45 orang yang berlatar belakang wiraswastawan di beberapa bidang ekonomi.

Ketua MEK PDM Kendal, H. Moechammad Noer Agoes  Hidayat, ST mengatakan, manusia hidup harus berlandaskan tauhid sebagai wujud keimanan kepada Tuhan.

“Sekolah Bisnis Muslim sebagai media pembelajaran bersama untuk menciptakan kebersamaan dan meningkatkan keimanan” kata Agoes saat menyampaikan orientasi kepada peserta SBM angkatan ke tiga Sabtu (14/3) di pendopo SMK Muhammadiyah 3 Weleri.

Beliau menjelaskan, seluruh peserta SBM tidak sebatas memahami konsep manajemnen dan tata kelola kewirausahan agar menjadi sukses, tetapi selama menempuh pembelajaran dilandasi nilai-nilai keIslaman yang kuat.

“Sebagai muslim yang memelihara iman mestinya berkeinginan menuju sukses. Muslim yang sukses adalah kuat keimanan dan kuat ekonomi” tegas dia.

Ketika seorang muslim sebagai pelaku ekonomi, lanjut Agoes, diwarnai dengan inovasi, kreatif sebagai bentuk hijrah dari ekonomi tradisional menuju modern.

“Hijrah dimaknai sebagai buah pikiran dari konvensional menuju kreatif dan inovatif dalam rangka mengembangkan usahanya agar lebih maju dan berkembang” tuturnya.

Selanjutnya Agoes berharap seluruh peserta SBM berani melakukan jihad ekonomi, yaitu keberanian melakukan jihad, perubahan yang lebih inovatif dan mampu melakukan terobosan-terobosan baru.

“Jika selama ini ketela pohon (pohong) hanya bisa menjadi getuk, criping singkong, tape atau peuyeum, maka pohong harus dijihadi supaya memiliki nilai yang lebih tinggi“ katanya.

Menurut Agoes keberanian melakukan jihad dibutuhkan tekad yang besar dan pengorbanan yang luar biasa.

“Kesuksesan seorang pengusaha karena keberanian menanggung resiko dalam melakukan jihadnya, agar usaha yang dimilikinya selalu sukses”

BACA JUGA :  DI-BAS Sambangi PDM Kendal, Ini Kata Mbah Muslim
SEMANGAT. Sebanyak 45 peserta SBM angkatan ke 3 dengan semangat mengikuti pembelajaran kewirausahaan (foto dok din)

Sedangkan ketua SBM, H. Muhtasin, S.Kom, meminta kepada seluruh peserta pelatihan meniru salah satu shahabat Rasulullah, yaitu Abdurrahman bin Auf, seorang pengusaha sukses dan pejuang Islam sejati.

“Dalam referensi Islam Abdurrohman bin Auf adalah salah seorang sahabat Nabi yang masuk golongan mendapatkan kabar sebagai penghuni surga ketika ia masih hidup, minal mubasy-syirin bil-jannah. Menjadi Muslim sejak awal kedatangan Islam, bahkan sebelum Nabi menjadikan Baitul Arqam sebagai tempat pertemuan dan markas penyebaran dakwah” ungkap Tasin.

Diceritakan oleh Tasin, Abdurrohman bin Auf adalah pebisnis ulung, sangat sukses, hingga merasa heran dengan dirinya sendiri. Ia pernah berkata, “Aku heran terhadap diriku sendiri. Seandainya aku mengangkat batu, di bawahnya aku akan temukan emas dan perak.”

Padahal, bisnis yang ia lakukan bukan sebagai ajang untuk menumpuk-numpuk harta, atau pelampiasan kerakusan. Baginya, bisnis adalah profesi dan tanggungjawab, juga sebagai jalan kesuksesan dunia-akhirat.

Dengan semangat boss Focus Computer Kendal itu mengatakan, Abdurrohman bin Auf adalah tipe lelaki yang penuh semangat dan tanggungjawab, dan sifat itu ia buktikan dalam bisnisnya. Ketika berlaga di medan perang, ia sangat bersemangat seperti singa menerkan mangsanya, tatkala sedang khusyuk beribadah, ia begitu syahdu dan ketika sedang berbisnis seakan-akan ia akan hidup selamanya sehingga bisnisnya sukses besar. (fur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here