SE Gubernur Jateng Direspon PCM Kota Kendal Dengan Membagi 750 Paket Sembako

0
66 views
BERBAGI. Ketua PCM Kota Kendal, Ismaini Hatta bersama PC Aisyiyah Kota Kendal berbagi Sembako kepada masyarakat yang terdampak Covid 19 dan musibah banjir agar ketahanan pangan tetap terjaga (foto dok gofur)

KENDALMU.COM | KOTA KENDAL. Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kota Kendal merespon Surat Edaran (SE) Gubernur Jawa Tengah nomor 443.5/000/1933 tentang Peningkatan Kedisiplinan dan Pengetatan Protokol Kesehatan pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Tahap II di Jawa Tengah.

Surat Edaran tersebut direspon dengan membagi sembako sebanyak 750 paket.

Ketua PCM Kota Kendal, Ismaini Hatta, mengatakan, meskipun surat edaran tersebut ditujukan kepada Bupati/Waki Kota Se Jawa Tengah yang poin pertama menyebut ‘Gerakan Jateng di Rumah Saja’, kami memahami ketika warga Jateng selama dua hari di rumah saja tetap membutuhkan pangan sebagai salah satu ketahanan hidup.

“Maka khusus yang ada di Kota Kendal, kami berbagi Sembako kepada warga terdampak pandemi Covid-19, juga warga yang terdampak bencana banjir sepekan ini” kata Ismaini hari Ahad (6/2) di sela-sela membagian Sembako yang dipusatkan di SMP Muhammadiyah 6 Kendal.

Program bagi-bagi Sembako menurutnya sebagai kegiatan rutin yang dilakukan oleh PCM Kota Kendal dan diperuntukkan kepada warga Muhammadiyah dan masyarakat umum agar merasakan manfaatnya.

“Program pembagian Sembako biasanya kami lakukan di bulan Ramadhan, tetapi karena kondisi sebagian masyarakat Kota Kendal saat ini terdampak Covid 19 dan terkena bencana banjir, maka kami melakukan Gerakan Ketahanan Pangan Keluarga, khususwa keluarga Muhammadiyah” terangnya.

Beliau berharap kepada warga Muhammadiyah yang telah menyisihkan sebagian rizkinya untuk berbagi bisa meningkatkan kepeduliannya kepada warga terutama disaat masyarakat membutuhkan uluran tangan.

“Dan kepada warga yang terkena dampak Covid-19 dan bencana banjir hendaknya bersabar, karena pandemi Covid-19 adalah nyata, rizqi sudah diatur oleh Allah, dan tetap patuhi protokol kesehatan” pinta Ismaini.

Sedangkan Sekretaris Panitia Gerakan Ketahanan Pangan Keluarga Muhammadiyah (Getapkmu) PCM Kota Kendal, Dian Rahmawati, mengatakan, pembagian Sembako sebanyak 750 paket dalam distribusinya dibagi menjadi dua, yaitu kedaruratan dan menjelang lebaran.

BACA JUGA :  Sejumlah Guru Muhammadiyah di Kendal Diajari Cara Menggunakan Google Suite For Education

“Karena sekarang dalam kondisi darurat, pandemi Covid-19 masih berlangsung, guyuran hujan belum reda sepenuhnya, dan untuk merespon Surat Edaran Gubernur Jateng, maka Sembako saat ini kami bagi” kata Dian.

Beliau mengatakan, di tengah-tengah Covid-19 progran Muhammadiyah diantaranya adalah Gerakan Ketahanan Pangan Keluarga Muhammadiyah.

“Adapun bentuk Getapkmu diantaranya melalui pembagian Sembako kepada warga yang rentan secara ekonomi karena terdampak pandemi Covid-19”

Paket Sembako yang kami bagikan selama dua hari, lanjut Dian, nominalnya Rp 125.000; setiap paketnya.

“Adapun isinya 5 kg beras, terigu 1 kg, minyak goreng 1 liter, gula pasir 1 kg, teh celup, kecap dan kerupuk mentah” jelas Dian.

Beliau menambahkan, teknis pelaksanaannya adalah panitia meminta kepada Ranting Muhammadiyah di Kota Kendal yang dibantu Ortom, Kokam, dan pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah supaya melakukan pendataan warga secara umum yang terdampak pandemi Covid-19.

“Warga yang terdata dipersilahkan untuk mengambil paket Sembako dengan membawa foto copy KTP dan Kartu Keluarga”

Terkait dengan sumber pendanaan, Dian menjelaskan, terdapat beberapa sumber dana yang selama ini kami upayakan.

“Di internal bersumber dari Takmir Masjid, infaq jamaah pengajian Ahad pagi, Lazismu dan dari masyarskat umum yang mampu” ujarnya.

Sedangkan dari eksternal, lanjutnya, kami telah menerima dari PDAM Kendal, Bank Syariah Mandiri (BSM) dan lembaga swasta yang lain.

“Donasi masih kami buka untuk persiapan Romadhon nanti, dan kegiatan ini kerja sama dengan Pimpinan Cabang Aisyiyah Kota Kendal” tutup Dian. (fur)