Sebanyak 2300 lebih Anggota Baru IPM Ikuti Fortasi

0
28

KENDALMU.COM | KENDAL. Sebagaimana tahun-tahun yang sebelumnya, memasuki tahun ajaran baru 2020/2021, Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM Kendal) menggelar Forum Ta’aruf dan Orientasi Siswa (FORTASI) bagi anggota baru, yaitu sebanyak 2338 siswa SLTP dan SLTA Muhammadiyah yang tersebar di Kabupaten Kendal. Namun untuk tahun ini Fortasi digelar secara daring, mengingat masih dimasa pandemi Covid-19.

Ketua panitia Fortasi, Zulfi Syahputra mengatakan, kegiatan ini terselenggara secara terprogram, sistematis, dan terpadu.
“Fortasi untuk menumbuhkan dan mengembangkan semangat keberagaman dan kepekaan sosial serta merangsang kesadaran berkarya untuk mengembangkan minat dan potensi yang ada pada di anggota baru IPM” kata Zulfi Senin (20/7)

Beliau menjelaskan, kegiatan Fortasi akan berlangsung selama lima hari sebagai pintu gerbang pengkaderan di Muhammadiyah, diharapakan dapat melahirkan calon-calon pemimpin masa depan yang bermanfaat bagi umat, bangsa, agama dan persyarikatan.
“Adapun materi Fortasi berfokus pada pengenalan dasar IPM, kedekatan ukhuwah Islamiyah, menggali minat dan bakat pelajar terdiri dari ideologi, Kemuhammadiyahan, ke IPM an, Keilmuan, wawasan, dan skill”

Sedangkan Ketua PD IPM Kendal, Keniya Adikaputri, menyampaikan, selamat datang di perguruan Muhammadiyah Kabupaten Kendal Selamat datang di fortasi IPM Kendal tahun 2020.
Beliau juga menyampaikan, ketika siswa memasuki dunia pendidikan di Muhammadiyah akan menemukan hal-hal yang baru.
“Dan dari sini kita mulai perjalanan panjang kita dengan semangat dan istiqomah, namun bagi siswa dari SLTP Muhamamadiyah ke SLTA Muhamamadiyah, istilah IPM bukan hal yang baru”.

Beliau menjelaskan, bahwa IPM adalah salah satu organisasi otonom Muhammadiyah dakwah Islam Amar ma’ruf nahi munkar di kalangan pelajar yang bersumber pada Alquran dan As-Sunnah.

“Atau lebih mudah dipahami, IPM masih bagian silsilah keluarga Muhammadiyah untuk mengemban misi Muhammadiyah namun gerak dakwahnya IPM ada di kalangan pelajar” ujarnya. IPM memiliki semboyan, lanjutnya, yaitu Nun Walqolami Wamaa Yasthuruun artinya Demi pena dan apa yang dituliskannya.

“IPM didirikan dengan maksud dan tujuan membentuk pelajar Muslim yang berilmu berakhlak mulia serta terampil dalam rangka menegakkan dan menjunjung tinggi nilai-nilai agama Islam sehingga terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya” pungkasnya (fur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here