Sejumlah Guru Muhammadiyah di Kendal Diajari Cara Menggunakan Google Suite For Education

0
24 views

KENDALMU.COM | WELERI. Sejumlah guru dari SMP dan MI Muhammadiyah yang ada di Kabupaten Kendal mengikuti kegiatan cara menggunakan Google Suite For Education, yaitu sebuah layanan perangkat lunak ter-integrasi (Software as a Service) yang dibuat oleh mbah Google, lebih mudahnya adalah sekumpulan perangkat lunak (software) yang dibuat saling terhubung/terkait satu dengan lainnya dalam satu kesatuan.

G Suite For Education merupakan akun yang disediakan gratis oleh Pemerintah untuk guru, tenaga pendidikan dan murid yang akan disiapkan di pembelajaran daringkedepannya, dimana akun tersebut terdapat banyak kelebihan dibanding akun google yg sudah umum dipakai.

Kegiatan tersebut belangsung dua hari, Senin – Selasa (21-22/12) di SMP Muhammadiyah 1 Weleri.

Kepala SMP Muhamadiyah 1 Weleri, Agus Martono, beharap, kegiatan pelatihan memberi manfaat.

“Semoga dengan adanya pelatihan ini bisa membantu para guru dan siswa agar lebih mudah dalam proses pembelajaran daring” kata Agus.

gMenurutnya, pelatihan google suite for education sebagai imbas dari pelatihan google master trainer yang diikuti oleh salah satu guru SMP Muhammadiyah 1 Weleri dan untuk itu pihak sekolah harus mulai mengenal isi dan fungsi G Suite For Education.

“Beliau adalah Ary Prabowo yang telah mengikuti kegiatan pelatihan google master trainer dan kami memandang perlu ilmu yang telah dimiliki oleh beliau ditularkan kepada guru-guru Muhammadiyah di Kendal” ujarnya.

“Alhamdulillah di Kendal ada satu master trainer dan beliau merupakan guru muhammadiyah. Jadi, para guru muhammadiyah wajib bersyukur dan bangga” imbuh Agus.

Sedangkan Ary Prabowo mengakui, bahwa ada beban yang harus segera dilakukan setelah mengikuti pelatihan G suite for education, beberapa waktu lalu.

“Ini merupakan pelatihan G suite for education pertama kali di kabupaten kendal, karena saya salah satu guru Muhammadiyah, jadi saya ingin teman-teman di sekolah Muhammadiyah yang lebih dahulu menerima ilmu ini” kata Ary.

BACA JUGA :  Wakil Ketua Majelis Lingkungan Hidup PDM Kendal Dapat Penghargaan Kalpataru

Beliau mengatakan, G suite for eduction merupakan produk terbaru dari Google berkat kolaborasinya dengan Menteri Pendidikan RI.

Diterangkan olehnya, bahwa ada kemudahan dalam mengunakan sistem G Suite ini.

“Kita dimudahkan dengan hanya membutuhkan Satu Akun saja dalam mengelola berbagai macam produk perangkat lunak SaaS (Software as a Services)” ujarnya. (andi dan aisyiyah)