Home Dinamika Amal Usaha Sekretaris MPI Kendal Beri Pelatihan Jurnalistik Kepada PR IPM SMK Muga

Sekretaris MPI Kendal Beri Pelatihan Jurnalistik Kepada PR IPM SMK Muga

0
1 views
KHUSYUK. Peserta pelatihan jurnalistik khusuk praktek membuat naskah berita seyelah menerima materi dari nara sumber (foto dok. joe)

KENDALMU.COM | WELERI. Sekretaris Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kendal, Abdul Ghofur, memberi pelatihan tentang jurnalistik kepada 20 anggota Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PR IPM) SMK Muhammadiyah 3 (Muga) Weleri. Pelatihan tersebut berlangsung bertepatan dengan Milad ke 107 Muhmmadiyah, Senin (18/11) di ruang A1 SMK setempat.

Abdul Ghofur menyampaikan, modal untuk bisa menulis di media cetak atau medsos adalah memiliki kemauan yang kuat untuk membaca dan berani praktek menulis.

“Jangan menunggu sempurna, atau baiknya sebuah tulisan yang dibuat” kata Ghofur, “mainkan jari-jari kamu di keyboard, sehingga menjadi tulisan” lanjutnya.

“Kalau menunggu baiknya sebuah tulisan untuk layak di muat di media, maka tidak akan bisa menulis dengan baik, karena tulisan yang baik diawali dengan tulisan tidak baik” ujarnya.

Menurut beliau, dunia menulis adalah dunia remaja dan menjadi penting apabila tulisan yang berujud berita memberi manfaat kepada orang banyak.”Yang penting berani menulis” tegasnya.

Dalam pelatihan tersebut beliau menyampaikan materi tentang teknik menulis berita, dan dasar-dasar jurnalistik.

Dikatakan, bahwa berita dibuat dengan baik apabila memenuhi unsur-unsur W 5 + H. Unsur-unsur tersebut adalah kelaziman dalam pembuatan setiap berita yang dibaca atau yang ditulis

Setelah sekitar 25 menit beliau memberi materi teori penulisan berita dilanjutkan dengan praktek oleh setiap peserta untuk membuat tulisan tentang berita dengan salah satu dari dua kegiatan yang sudah berlangsung hari ini, yaitu apel milad ke 107 Muhammadiyah dan pelatihan jurnalistik di SMK Muga.

Sementara itu kepala SMK Muhammadiyah 3 Weleri, H. Yusuf Darmawan mengatakan bahwa pelatihan dasar-dasar jurnalistik yang diikuti oleh PR IPM dimaksudkan ke depan mereka memiliki kemampuan menulis dengan baik sesuai kaidah kepenulisan.

BACA JUGA :  Bagaimana Muhammadiyah dan NU Mengantisipasi Pencegahan Covid-19 Di Kendal ?

“Menulis di media memerlukan keahlian tersendiri dan perlu diasah sejak awal” kata Darmawan.

Dikatakan juga, IPM adalah dunia pelajar dan literasi, sebuah perangkat yang mampu mengantarkan menjadi penulis yang baik. “Tidak ada seorang wartawan tanpa literasi” ujarnya.

Sedangkan wakil kepala sekolah bidang Ismuha, H. Akhmad Sulkhan mengatakan, dunia pelajar adalah dunia kreatifitas, dan membangun kreatifitas di awali sejak menjadi pelajar.

“Pelajar yang kreatif memiliki nilai lebih dibandingkan dengan yang lain, maka berfikirlah yang kreatif” ujarnya. (joe)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here