Selama Tiga Hari MI Muhammadiyah Purworejo Gelar Tahfidz Qur’an

0
30 views
CERIA. Keceriaan anak-anak MI Muhammadiyah Purworejo, Ringinarum menerima piagam penghargaan setelah tampil di acara gelar tahfidz Al qur'an (foto dok tohiroh)

KENDALMU.COM | RINGINARUM. Sebagai keluarga muslim yang taat, orang tua harus mempersiapkan sejak dini akan seperti apa masa depan anak nanti. Bagi seorang anak tentu ingin berbakti kepada kedua orang tua mereka. Biasanya, anak-anak akan mudah tersentuh jika dihadapkan pada hal-hal yang membangkitkan kecintaan mereka kepada kedua orang tua, diantaranya adalah menghafal (al hifzu) Al qur’an, karena menghafal al qur’an sudah menjadi kebutuhan sesuai dengan kemampuan.

Tujuannya agar mempermudah dalam pengamalannya, seperti pada bacaan Shalat, maupun disampaikan pada waktu ceramah. Kemampuan manusia dalam menghapal Al Qur’an merupakan salah satu cara dari menjaga keutuhan Al Qur’an itu sendiri.

Seperti yang dilakukan oleh Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Purworejo, Ringinarum, Kendal, selama tiga hari Senin – Rabu (14-26/12) mengadakan gelar Tahfidz Al Quran untuk seluruh siswa-siswinya.

Kepala MI Muhammadiyah Purworejo, Siti Tohiroh, mengatakan, gelar tahfidz qur’an diikuti oleh seluruh siswa dari kelas satu sampai dengan kelas enam dengan jumlah 106 anak didik.

“Gelar tahfidz digelar secara bertahap, yaitu hari Senin kelas 5 dan 6, hari Selasa kelas 3 dan 4, adapun Rabu kelas 1 dan 2” katanya.

GURU. Jajaran guru MI Muhammadiyah Purworejo merasa lega dan ceria usai menggelar kegiatan tahfidz Al qur’an tahun 2020 (foto dok tohiroh)

Adapun teknis pelaksanaan, menurut Tohiroh,  anak-anak tampil ke panggung didampingi oleh orang tua masing-masing sesuai kelompoknya.

“Di atas panggung mereka akan menghafal surat-surat Al qur’an juz 30, dengan tiga sesi yaitu, hafalan surat pilihan kelompok,hafalan undian surat,dan sambung ayat” jelasnya.

Beliau berharap dengan gelaran ini anak-anak didik kami semakin mencintai Al Qur’an.

“Semoga siswa-siswi MI Muhammadiyah Purworejo  lebih termotivasi dan semakin cinta dengan Al qur’an” harapnya.

“Mereka juga tambah semangat dalam menghafalnya, dan kelak semoga anak-anak kami menjadi Hafidz  Al qur’an yang seutuhnya” pungkas Tohiroh (fur)

BACA JUGA :  Tanamkan Kesadaran dan Tanggung Jawab Berorganisasi, PR IPM SMK Muga Weleri Gelar LDPR