Semarakkan Milad Ke-24, RSI Muhammadiyah Kendal Selenggarakan Seminar Evakuasi, Rujukan, Bantuan Hidup Dasar

0
0 views
foto dok. dyah

KENDALMU.COM | WELERI. Milad RSI Muhammadiyah Kendal yang jatuh pada tanggal 15 Januari 2020 di sambut dengan berbagai kegiatan. Setelah diadakan apel di halaman Rumah Sakit, ada pula lomba bulutangkis dan Tenis Meja, khataman Al Qur’an, kunjungan ke pasien dan silaturahim ke keluarga pendiri RSI, kali ini RSI Muhammadiyah Kendal menyelenggarakan kegiatan Seminar Evakuasi, Rujukan, dan Bantuan Hidup Dasar.

Ketua Majelis Pembina Kesehatan Umum ( MPKU ) PDM Kendal, H. Taufik Husein, mengatakan bahwa tujuan seminar ini diadakan dalam rangka membantu masyarakat dalam penanganan evakuasi kecelakaan, sedemikian rupa dan tindak lanjut serta memberikan pengetahuan kepada sopir ambulance dengan resikonya dan berharap ada kerjasama antara Masyarakat, Petugas dan Rumah Sakit, yang diadakan hari Kamis (16/1).

Dalam Sambutannya direktur RSI, dr. Suhadi, Sp An, mengatakan bahwa, seminar ini berawal dari keprihatinannya melihat banyaknya kecelakaan di jalan tol dan lainnya, dan seringnya pengiriman korban kecelakaan ke RSI Muhammadiyah Kendal, dan kurang nya koordinasi, antara Petugas  DKK, Lalu Lintas, DLLAJR, Jasa marga, dan Rumah Sakit, sehingga beliau berharap dengan seminar ini akan ada team yang melakukan  pelayanan yang lebih optimal. Oleh karena itu RSI  konsen dalam penanganan kegawatdaruratan, dengan penyediaan fasilitas bed yang memadai,sehingga apabila ada  disester, RSI siap  dan RSI akan segera menyiapkan tenaga ahli /specialis emergency.

Acara Seminar Evakuasi, Rujukan dan Hidup Dasar ini mendatangkan pemateri yang pengalaman di bidangnya,  dr. Ahmad Muttaqin Alim, SpAn, M.Sc. DM (EMDM ) memberikan materi Managemen Kegawatan dan Rujukan, memaparkan bagaimana mengurangi resiko bencana dan kecelakaan.

Selain itu ada dr. Aryo Budi Yogo, Sp. OT yang memberikan materi Triage dan Post Traumatic Stabilization, dan dr. Jarot Widodo, Sp.

BACA JUGA :  Capai Usia Setengah Abad, SMA Muhammadiyah 1 Weleri Gelar Serangkaian Lomba

Khusus Driver, mendapatkan pemaparan materi dari Ditlantas Polres Kendal, yang disampaikan oleh IPTU Mega Marwanaya, bagaimana ketika menyingkapi terjadinya kecelakaan, karena suatu kecelakaan beresiko, karena berhubungan dengan Jasa Raharja dll.

Acara yang diikuti 100 peserta dari berbagai elemen masyarakat, diantara nya MDMC, Lazismu, 119 Kendal, Dinas Perhubungan,  PT KAI, Jasa Marga, Baznas, DKK, ini dilanjutkan acara penandatanganan Kesepakatan bersama antara RSI Muhammadiyah Kendal, Kepolisian Resort Kendal, Kepolisian Resort Batang, PT Jasa Marga Tol Semarang – Batang, Baznas Kab Kendal, DKK Kab Kendal, DKK Kab Batang, PT KAI Daop IV. (dyah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here