Sholat Idul Fitri Muhammadiyah Digelar Lebih Dari 25 Tempat, Inilah Pesan Ketua PDM Kendal

0
183 views

KENDALMU.COM | KENDAL. Muhammadiyah Daerah Kendal melalui Pimpinan Cabang dan Ranting yang tersebar di Kabupaten Kendal siap menggelar sholat Idul Fitri 1442 H di 25 lebih tempat di tanah lapang maupun masjid/musholla. Dalam pelaksanaannya seluruh tempat sholat id memberlakukan pengetatan protokol kesehatan sebagai wujud dan pelaksanaan Surat Edaran PDM Kendal nomor 074/EDR/III.0/E/2021.

Dari 25 titik sholat idul fitri yang dihimpun oleh kendalmu.com pada Rabu (12/5) sampai pukul 23.30 terdata sebagai berikut. Di Stadion Madya Kendal menghadirkan imam dan khatib Ustadz Bambang Purwanto, di PCM Pegandon mengambil tempat di lapangan Penanggulan dengan imam dan khatib Ustadz Maqfiudin, Lc. PCM Brangsong dipusatkan di Masjid Istiqomah dengan imam dan khotib Ketua Majelis Tabligh PWM Jateng, KH. Danusiri. Merambah di PCM Kaliwungu menggelar sholat Id di 9 titik, yakni Masjli  At Taqwa Kumpulrejo imam dan khatib Ustadz Rizal Wahid, Lc, di PAY Hj. Siti Rohmah menghadirkan Ustadz Asikin Humam, adapun di halaman Kantor UPTD Dikbud Kaliwungu menghadirkan Ustadz Sani Ar Rahman, putra almarhum KH Muslim, ketua PDM Kendal. Adapun di Masjid Muhajirin, Karangtengah betindak sebagai imam dan khotib Ustadz Edy Hansa. Sedangkan di Masjid Al Manar menghadirkan Ustadz Tri Sulistyo Nugroho sebagai imam dan khatib. Ustadz H Muhtar akan bertindak sebagai imam dan khatib sholat Id di Masjid Al Hikmah Krajankulon. Sholat Id juga digelar di halaman SMP Muhammadiyah 3 Kaliwungu, imam dan khotibnya Wakil Ketua PDM Kendal, Ustadz H Moh Antono. Adapun di halaman kediaman H Muhammad Arkham digelar sholat Id, imam dan khatibnya Kepala KUA Rowosari, Ustad H. Drajat. Masih di PCM Kaliwungu sholat idul fitri tahun ini juga diselenggarakan di masjid Baiturrohim Wonorejo, bertindak sebagai imam sholat dan khotib Ustadz Sumadyo, sedangkan di Masjid Baitul Islam imam sholat dan khatib oleh Ustadz Adi Ismanto. Adapun di RSU Muhammadiyah Darul Istiqomah Kaliwungu sholat idul fitri digelar di masjid Istiqomah, imam dan khotib Ustadz Firly Sani.

BACA JUGA :  Wujud Gotong Royong, Warga Kerja Bakti Cor Gedung MI Muhammadiyah Gempolsewu Sampai Larut Malam

Untuk Kawedanan Boja menyelenggarakan sholat Id antara lain di Masjid At Taqwa Boja, imam dan khotib Ustadz H Fadholi, Ar, di PCM Limbangan sholat Id digelar di Lapangan Limbangan menghadirkan Ketua PCM setempat, Ustadz H. Slamet Muhari bertindak sebagai imam dan khatib, adapun di PCM Singorojo digelar di Lapangan Sepak Bola desa Ngareanak dengan imam dan khatib Ustadz Dimas Hanif Baskoro, adapun di Lapangan Tenis Merbuh bertindak sebagai imam sholat dan khatib ustadz Azzam.

Berlanjut di Kawedanan Selokaton, sholat idul fitri digelar di lapangan Pagersari, imam sholat Muhammad Irfan, khotibnya Ustadz Usmanul Hakim. Di PCM Plantungan sholat Id diadakan di gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah setempat, menghadirkan Ustadz Galuh Andi Luxmana sebagai imam dan khatib.

Di PCM Weleri sholat idul fitri tahun ini diselenggarakan di 14 tempat, yakni Masjid Al Huda Penaruban, imam dan khatib Ustadz Dzikrullah, di Masid Assalam Sidomukti bertindak imam sholat dan khatib Ustadz H Mustofa, di Masjid Annur Kedonsari, Penyangkringan menghadirkan Ustadz Maberur Ghozali sebagai imam dan khotib, di Masjid Nidaus Salam Krajan, Penyangkringan akan hadir Kepala MTs Muhammadiyah Weleri, Ustad Romanto sebagai imam dan sholat Id. Adapun di Komplek RSI Weleri sholat Idul Fitri digelar di Masjid Arrahmah, imam sholat Ustadz Diva Aditya, khotib oleh Ketua PCM Weleri, H Ali Mu’zi. Untuk desa Karangdowo sholat id diselenggarakan di Masjid Miftahul Huda dengan imam sholat dan khotib oleh Ustadz Jazuri, di Masjid Al Falah Montongsari sholat idul fitri imam dan khotibnya Ustadz Muslih, adapun di Musholla Ar Rasyid Traju Manggungsari bertindak sebagai imam sholat dan khatib adalah Ustadz Budi Prayitno, adapun di Musholla Al Falah Kedonsari, Penyangkringan menghadirkan Ustadz Usman Daud El Ahmady sebagai imam sholat dan khatib. Masih di PCM Weleri, sholat idul fitri juga digelar di Musholla Al Faizin Penaruban, imam dan khotibnya Ustadz Hasyim Salimi. Untuk PRM Bumiayu, sholat idul fitri diadakan di Musholla Al Amin dukuk Tempel, imam dan khotibnya Ustadz Abdul Kanan, juga di Musholla At Tanwir dukuh Lebo/Timbang bertindak imam sholat dan khotib Ustadz Ferry. Untuk di Musholla Al Mashudi Weleri imam sholat dan khotib adalah Ustadz Sujari. Adapun di Musholla Baitul Muslimin Tegalsari, Sambongsari sebagai imam dan khotib Ustadz Tsabit Aman.

BACA JUGA :  Wabup Kendal Lepas Peserta Jalan Sehat Milad Muhammadiyah, Panitia Siapkan Hadiah Umroh

PCM Rowosari juga menggelar sholat idul fitri 1442 H di 6 tempat, yakni di halaman Masjid Al Jihad Rowosari, imam sholat dan khotib oleh KH Supriyadi, Lc, di PRM Jatipurwo bertempat di Lapangan Jatipurwo, imam dan khotib Ustadz Abdul Malik, PRM Tanjunganom di halaman Masjid At Taqwa, berindak sebagai imam sholat dan khotib Ustadz Eka Darma dari Bogor. Adapun di PRM Tanjungsari bertempat di Masjid Al Iman bertindak sebagai imam sholat dan khotib ketua Majelis Tabligh PDM Kendal, Ustadz H Jumali. Sedangkan di Masjid Al Hidayah Pojoksari, imam sholat dan khotib Ustadz H. Sholichin.

Masuk di PCM Kangkung, sholai Idul Fitri dilaksanakan di 2 tempat, yaitu di Masjid komplek SD Muhammadiyah Truko dengan imam dan khotib Ustadz Nashoha, dan di Masjid Al Ittiba’ Truko, Ustadz H Abdullah Sachur, Wakil Ketua PDM Kendal berindak sebagai imam dan khotib.

Untuk PCM Cepiring Sholat Idul Fitri tahun ini dipusatkan di halaman Panti Asuhan Lanjut Usia Botomulyo menghadirkan Wakil Ketua PDM Kendal, Ustadz KH. Mohammad Zabidi sebagai imam dan khotib. Adapun di PCM Ngampel bertempat di halaman SD N Kebonagung, bertindak sebagai imam sholat Ustadz Abdul Ghofur sedangkan khotib oleh Ketua PCM setempat, Sugiyono.

PCM Gemuh sholat Idul Fitri diselenggarakan di komplek RSU Baitul Hikmah, Masjid Al Hikmah Gemuh dengan imam sholat Ustadz Muhda Rizqa Maulana Akhad dan khotib oleh Ustadz Mirzadhika Wildan Azka Haydar. Untuk PCM Purin sholat idul fitri diadakan di  Musholla Baitussalam dukuh Sukup Kulon, imam sholat Ustadz Teguh, dan khotib oleh Ustadz Eko.

Di PCM Pageruyung data yang diperoleh baru satu tempat, yakni di Lapangan Bangunsari dengan imam dan khotib Kepala SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo, ustadz Zulfathon.

BACA JUGA :  Ubah Mindset Guru yang Ingin Lebih Maju, SD Muhammadiyah Weleri Studi Banding ke SD Muhammmadiyah Al Kautsar Gumpang

Adapun Ketua PDM Kendal, Ustadz KH. Ikhsan Intizam akan bertindak sebagai imam dan khotib sholat idul fitri 1442 H di lapangan Caruban.

Ketua PDM Kendal dalam rilisnya yang disampaikan kepada kendalmu.com berpesan kepada warga Muhammadiyah khususnya dan ummat Islam pada umumnya idul fitri sabagai media memperkuat sillaturrahmi sesama warga Muhammadiyah dan ummat Islam.

“Idul Fitri adalah sarana Memperat silaturrahim, menjaga kesatuan persatuan sesama warga Muhammadiyah, sesama muslim lintas ormas dan seluruh kesatuan ripublik Indonesia. Merajut ikatan yang mungkin terkoyak karena gesekan politik atau pengaruh medsos” pintanya.

Kata dia juga, idul fitri sebagai kesempatan emas untuk meningkatkan kualitas diri, yaitu menjadi insan yang lebih bertaqwa dan bermanfaat untuk ummat.

Dengan idul Fitri, lanjut Ikhsan semoga sens of bilonging kita terhadap kaum dhuafa meningkat lewat zakat, infaq dan shodaqoh.

Di bagian akhir, Ikhsan Intizam berpesan agar dalam menyambut idul fitri tidak berlebihan yang berakibat lengah akan bahaya virus corona-19.

“Euforia kemenangan dalam menyambut Idul Fitri di tengah pandemi, jangan sampai membuat kita lengah akan bahaya virus corona yang kecenderungannya meningkat” pintanya.

“Kita tetap terus berdoa semoga pandemi ini segera berlalu” pungkasnya. (fur)