Sillaturrahmi PDM ke PCM Plantungan, Geliat Menuju Masa Depan Lebih Baik

0
64 views

KENDALMU.COM | PLANTUNGAN. Sejumlah petinggi PDM Kendal hari itu sengaja bertandang ke PCM Plantungan tepatnya menuju Desa Jati, Kec. Plantungan, sebuah desa yang di dalamnya ada sebuah bangunan milik Muhammadiyah setempat yang baru setengah jadi, namun telah difungsikan sebagai markas Muhammadiyah setempat dalam berbagai aktifitas persyarikatan.

“Gedung ini dalam kondisi seperti yang kita lihat dijadikan pusat kegiatan” tutur Ketua PCM Plantungan, Irfan, usai sholat Jum’at (10/9) kepada kendalmu.com sebelum sillaturrahmi dengan PDM Kendal dimulai.

Menurut dia, gedung yang masih setengah jadi dan tentu masih membutuhkan biaya yang cukup besar untuk merampungkan bangunannya adalah satu-satunya Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di Plantungan yang menjadi beban warga Muhammadiyah setempat.

“Mudah-mudahan dengan digunakannya gedung ini untuk sholat jum’ah bisa memberi semangat untuk segera merampungkannya” harap Irfan yang sudah 30 tahun menjadi ketua PCM Plantungan.

PCM Plantungan dalam dinamikanya cukup unik, selain belum ada pengganti ketua PCMnya, Irfan, anggota Muhammadiyah tidak banyak, dan AUMnya baru berdiri satu, MI Muhammadiyah Wadas, tetapi semangat untuk berzakat cukup bagus. Data di Lazismu Kendal sampai bulan Agustus 2021, menunjukkan PCM Plantungan mampu mengumpulkan zakat, infaq, infaq terikat, dan dana kemanusiaan sebesar Rp 69.222.900; mengalahkan PCM Ringinarum, Pegandon, dan Limbangan, yang jumlah AUMnya cukup banyak.

“PCM Plantungan belum pernah libur pengajian Ahad pagi” kata Wakil Ketua PDM Kendal, Iskhaq menyebut satu lagi keunikan Plantungan.

Menurut Iskhaq PCM Plantungan perlu mengadakan sholat jum’ah yang lebih menarik dan anggota jamaahnya bisa menjadi banyak.

“Tidak hanya mendatangkan khotib dari luar, tetapi diadakan jum’ah berkah, setelah sholat jum’ah kita makan bersama” tegasnya.

Bagi Iskhaq, PCM Plantungan mestinya mampu menyelesaikan permasalahan dii internal sendiri dengan kekuatan SDM yang dimiliki.

BACA JUGA :  Upgrading Jurnalis Kendalmu.com Putaran Ke 2, Pesertanya Membludak

“Persoalan yang besar dan membutuhkan dana yang besar pula, itu PDM yang menangani” imbuhnya.

Sementara itu Ketua PDM Kendal, KH. Ikhsan Intizam berharap sillaturrahmi PDM Kendal ke PCM Plantungan bisa menjadikan jajaran pimpinannya lebih semangat dalam berdakwah lewat Muhammadiyah.

Ikhsan juga menyampaikan banyak terima kasih kepada salah satu sesepuh Muhammadiyah Plantung, Abdul Kholiq yang telah wakaf sebidang tanah unrtuk kepentingan Muhammadiyah. (fur)