SLB Surya Gemilang Meluluskan Dua Kali, Alumninya Terserap di DUDI

0
15 views
MEMBATIK. Salah satu siswa SLB Surya Gemilang, Andreas Souta Fasco Aunal (15) membatik didampingi bu gurunya, Indah Widayani. (foto dok fur)

KENDALMU.COM | LIMBANGAN. Perkembangan Sekolah Luar Biasa (SLB) Surya Gemilang Limbangan, Kendal, cukup menggembirakan. Sekolah bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) milik Muhammadiyah itu sejak berdiri tahun 2016  sudah dua kali meluluskan anak-anak didiknya, dan diantara alumninya terserap di dunia industri (DUDI).

Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu guru SLB Surya Gemilang, Riyadi (52) ketika menerima kunjungan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah, H. Tafsir pada Sabtu siang (7/11).

Riyadi mengatakan, SLB Surya Gemilang melatih siswa-siswinya sesuai dengan minat mereka, yaitu memberi ketrampilan di bidang membatik, sablon, tata boga, tata rias, dan menjahit.

“Ada rumah batik milik pemerintah yang menerima tenaga kerja lulusan SLB Surya Gemilang” kata Riyadi.

Beliau menjelaskan, berawal dari kunjungan sebuah home industri milik pemerintah propinsi Jawa Tengah dan melihat langsung siswa yang sedang praktek membatik.

“Mereka tertarik, dan meminta alumni untuk kerja di rumah batik tersebut” imbuhnya.

Dikatakan juga, hasil produksi batik cap ciprat dari ‘anak-anak aneh’ itu telah dirasakan oleh masyarakat.

“Pemasaran batik cap dan ciprat buatan anak-anak masih terbatas, kami baru bisa melayani ketika ada kunjungan atau pesanan online dengan harga Rp 100.000; per potong, belum menjual secara bebas, namun demikian kami pernah menerima pesanan batik produksi dari anak-anak sebanyak 50 potong ” katanya.

Riyadi berharap, ke depan SLB tempat beliau mengabdi dapat berkembang, karena ketrampilan yang anak-anak sekarang tekuni ke depan bisa mandiri secara ekonomi dan sosial.

“Proses pembelajaran di SLB 30 % akademik, dan 70 % ketrampilan. Hal itu didasarkan pada kondisi anak yang secara fisik mereka sehat, tetapi instingnya harus kita dampingi”

Sedangkan guru kelas persiapan usia TK, Indah Widayani (40), menyampaikan, pendampingan terhadap anak-anak SLB Surya Gemilang dilakukan dengan telaten melatih anak berkebutuhan khusus dengan segala keterbatasannya.

BACA JUGA :  Yusuf Darmawan, Salah Satu Dari 27 Tokoh Yang Menerima Apresiasi PWI Kendal

“Kita harus optimis dan yakin kalau dibalik kekurangan anak, ada potensi hebat yang bisa dikembangkan” ucapnya.

Terkait dengan masa Pandemi Covid-19, proses pembelajaran di SLB Surya Gemilang dilakukan melalui daring dengan metode home visit menemui orang tua.

“Adapun mereka yang ada di asrama, kita perbanyak dengan ketrampilan sesuai minat siswa, tentu selalu didampingi oleh guru” pungkasnya. (fur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here