SMK Muga Weleri Salurkan 2 Ton Lebih Beras Kepada Dhuafa’

0
53 views
AHAD PAGI. Salah satu anggota jamaah pengajian Ahad Pagi PCM Ringinarum 'fastabiqul khairat' menerima zakat dari SMK Muhammadiyah 3 Weleri yang diserahkan oleh Plh Akhmad Sulkhan (foto dok sulkhan)

KENDALMU.COM | WELERI. SMK Muhammadiyah 3 (Muga) Weleri membagikan sebanyak 2 ton lebih beras kepada kaum dhuafa’. Beras tersebut adalah hasil dari pengumpulan zakat fitrah yang bersumber dari para siswa, guru dan pegawai di lingkungan SMK Muga.

Panitia zakat fitrah SMK Muga Weleri, Sobirin mengatakan zakat fitrah adalah kewajiban bagi individu muslim, muslimat yang dibayarkan setahun sekali pada bulan Ramadhan.

“Zakat fitrah berarti menyucikan diri, karena dalam setiap harta manusia ada sebagian hak orang lain. Oleh karenanya, tidak ada suatu alasan pun bagi seorang hamba Allah yang beriman untuk tidak menunaikan zakat fitrah” kata Sobirin pada Ahad (9/5) kepada kendalmu.com.

Dijelaskan, zakat fitrah tahun ini dari warga SMK Muhammadiyah 3 Weleri terkumpul sebanyak lebih dari 2 ton.

“Awalnya zakat berupa uang, kemudian kita belikan beras mendapat 2.725 kg” ujarnya.

Beras sebanyak itu, kata Sobirin dibagi ke tiga Pimpinan Cabang Muhammadiyah, 5 Panti Asuhan, dan Bina Lingkungan, yakni PCM Gringsing, Batang, Kangkung, dan Rowosari. Sedangkan ke lima PAY, yaitu AY Putra Muhammadiyah Weleri, PAY Puteri Muhammadiyah Weleri, PAY Puteri Aisyiyah Ringinarum, PAY Putera Muhammadiyah Cepiring, dan PAY Puteri Aisyiyah Truko Kangkung.

“Sebelumnya kita jadikan kemasan sebanyak 681, setiap kemasan berisi 4 kg beras” imbuh Sobirin.

PENYERAHAN. Salah satu Amil zakat Fitrah SMK Muhammadiyah 3 Weleri secara simbolis menyerahkan zakat fitrah kepada PCM Rowosari yang selanjutnya didistribusikan kepada kaum dhuafa’ setempat. (foto dok sulkhan)

Sedangkan Plh SMK Muhammadiyah 3 Weleri Akhmad Sulkhan mengatakan kegiatan pembayaran, pengumpulan dan pendistribusian zakat fitrah di SMK Muga sudah menjadi tradisi setiap tahunnya.

“Zakat fitrah hukumnya wajib ditunaikan bagi setiap muslim yang mampu. Besar zakat fitrah jika dengan uang nilainya sama dengan 2,5 kilogram beras” kata Sulkhan

Zakat fitrah di SMK Muga Weleri, katanya tidak sebatas dibayar, tetapi untuk menguatkan kesadaran para siswa dalam menegakkan syariat zakat fitrah untuk dibagikan kepada kaum dhuafa agar dalam idul fitri tidak ada kesusahan dalam urusan makan.

BACA JUGA :  Melihat Meriahnya Muhadhoroh Akbar MBS Weleri

Zakat fitrah, lanjut Sulkhan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama manusia dalam kehidupan.

“Membangun kepedulian melalui zakat fitrah agar siswa terus terjaga sampai selesai studinya dan kembali ke masyarakat” tutupnya. (fur)