STIKES Muhammadiyah Kendal Gelar Wisuda Terakhir, Siap Bergabung di UMKABA

0
185 views

KENDALMU.COM | KENDAL. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES)  Muhammadiyah Kendal dalam wisuda ke 23 telah mengukuhkan sebanyak 49 mahasiswa Program Studi D3 Keperawatan.

Bagi STIKES Muhammadiyah Kendal tahun ini merupakan gelaran wisuda terakhir, pasalnya mulai tahun akademik 2022-2023 bergabung di Universitas Muhammadiyah Kendal Batang (UMKABA).

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua STIKES Muhammadiyah Kendal, Sri Rejeki usai mewisuda para mahasiswanya pada Sabtu (16/1) di Pendopo Kab. Kendal.

“Insya Allah sebentar lagi STIKES Muhammadiyah Kendal akan menjadi Universitas Muhammadiyah Kendal Batang, artinya ini adalah wisuda terakhir bagi STIKES Muhammadiyah Kendal” kata Sri Rejeki.

Diterangkan, dengan masuknya STIKES Muhammadiyah Kendal ke UMKABA nantinya terdapat 12 program studi, yakni D3 Keperawatan, S1 Keperawatan, Ilmu Gizi, Profesi Ners, Manajemen, Akuntansi, Biologi, Hukum, Ilmu Komputer, Bahasa Inggris, dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Masuknya STIKES Muhammadiyah Kendal dalam UMKABA, kata dia, untuk memanfaatkan peluang di lembaga pendidikan tinggi yang lebih luas dan besar, yaitu universitas.

Sri Rejeki mengungkapkan, perjalanan STIKES Muhammadiyah Kendal yang dimulai 2019 berawal dari AKPER Muhammadiyah yang berdiri 1996, dan berubah bentuk menjadi STIKES.

“STIKES Muhammadiyah Kendal dalam perkembangannya telah menjalin kerja sama dengan lembaga-lembaga kesehatan, seperti Rumah Sakit, Puskesmas, klinik, dan lembaga-lembaga kesehatan lainnya. Hasil kerja sama tersebut terdapat 93 % lulusan D3 Keperawatan STIKES Muhammadiyah Kendal terserap di dunia kerja” ungkapnya.

Keterserapan para alumni D3 Keperawatan STIKES Muhammadiyah di dunia kerja, lanjutnya, karena para dosen dan pegawainya memiliki komitmen tinggi dan kesungguhan dalam proses belajar mengajar sedemikian rupa melalui kurikulum yang dirancang dan dipersiapkan dengan matang, juga menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri, seperti Asia University (Taiwan), University of Taipei (Taiwan), Lincoln University College (Malaysia), dan Hatyai University (Thailand).

BACA JUGA :  Majelis Dikdasmen Serahkan SK Plt Kepada Kepala SD Muhammadiyah Weleri Yang Baru

Sementara itu, Sekretaris PWM Jawa Tengah, Wahyudi mengatakan, Muhammadiyah telah berkontribusi nyata kepada negera, terutama dalam bidang mencerdaskan anak bangsa melalui pendidikan perguruan tinggi.

“Kontribusi Muhamamdiyah dalam mencerdaskan anak bangsa dalam rangka mempersiapkan generasi pekerja dan sudah ada jutaan alumni perguruan tinggi Muhammadiyah yang bekerja dan tersebar dari Sabang sampai Merauke” ungkap Wahyudi.

Dia meminta kepada alumni STIKES Muhammadiyah Kendal tidak berkecil hati, karena di sana banyak saudara-saudara kita yang sudah bekerja dari alumni perguruan tinggi Muhammadiyah.

Wahyudi mengingatkan, perkembangan dan kemajuan perguruan tinggi Muhammadiyah bisa besar karena memiliki empat pilar yang saling bersinergi, yaitu spirit Al Islam dan Kemuhammadiyahan sebagai landasan, dasar dalam mencerdaskan anak-anak bangsa.

“Muhammadiyah dalam mendirikan, mengembangkan dan membesarkan perguruan tinggi tidak untuk mencari keuntungan semata, tapi anak-anak bangsa harus lebih cerdas dalam menghadapi situasi” ungkapnya.

Pilar persyarikatan, lanjut Wahyudi, dalam perguruan tingginya selalu menyematkan kata Muhammadiyah sebagai upaya memunculkan basis-basis sosial, jaringan Muhammadiyah.

“Majelis Dikti Litbang sebagai pilar perguruan tinggi Muhammadiyah yang berfunsi sebagai tangan panjang Muhammadiyah  yang sifatnya membantu perguruan tinggi Muhammadiyah dalam menghadapi permasalahan yang muncul” ungkapnya.

Adapun pilar ke empat adalah pimpinan, pengelola perguruan tinggi yang memiliki visioner, berjiwa pejuang  dan kreatifitas untuk membawa perguruan tinggi lebih baik.

Sedangkan Bupati Kendal dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kepala Bidang Ketenagaan Disdikbud, Bejo Sartono mengatakan, bahwa STIKES Muhammadiyah Kendal telah berperan aktif dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang pendidikan kesehatan.

Pemkab Kendal berharap, STIKES Muhammadiyah selalu eksis, terus maju, berkembang dan menjadi kebanggaan masyarakat Kab. Kendal.

“Menghasilkan alumni tenaga kesehatan yang professional, berakhlaq mulia dan siap berkompetisi di era revolusi industry 4.0” pintanya.

BACA JUGA :  Milad ke 26, RSDI Kaliwungu Adakan Donor Darah

Kepada para alumni STIKES Muhammadiyah Kendal, dia meminta untuk selalu berupaya meningkatkan kualitas diri menjadi sumber daya manusia unggul dan dapat dibanggakan dengan kepribadian luhur agar mampu mengabdikan diri tanpa pamrih sesuai etika profesi perawat.

Hadir pula dalam wisuda antara lain, para wali mahasiswa, jajaran PDM Kendal, Ketua BPH STIKES Muhammadiyah Kendal, Suparman Syukur, perwakilan DPW PPNI Jateng, Sudawan, dan Kepala Bagian Tata Usaha LDD Dikti, Adhrial Refaddin.

Adapun predikat cumlaude dalam wisuda tersebut diraih oleh tiga mahasiswa, yakni Atalla Rania Insyira dengan Indek Prestasi Komulatif (IPK) 3,86, Latifaturohmah Indriyani IPK 3,82, dan Alda Aulia Nabila dengan IPK 3,78. (fur)