STIT Muhammadiyah Kendal MoU Dengan HIPMI Kendal Terkait Pengembangan Kewirausahaan

0
69 views
MoU. Penandatangan MoU kerjasama STIT Muhammadiyah Kendal dengan BPC HIPMI Kendal. (foto dok. tim)

KENDALMU.COM | PATEBON. STIT Muhammadiyah Kendal melakukan kolaborasi dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kendal yang dituangkan dalam Nota Kesepahaman tentang Kerja Sama pengembangan kewirausahaan mahasiswa.

Ketua Prodi PAI dan Ketua Umum HIPMI Kendal Ariffianto melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut secara langsung di Sekretariat BPC HIPMI Kendal Bourjuis Cafe, Kendal pada Sabtu pagi ini (27/3/2021).

Ketua STIT Muhammadiyah Kendal KH. Ikhsan Intizam, Lc., M.Ag. menyampaikan, apresiasi atas terlaksananya kerja sama yang dilakukan dengan HIPMI. Menurut Ust. Ikhsan, berdagang atau beriwirausaha juga dilakukan oleh Rasulullah dan KH. Ahmad Dahlan “Jaman dulu Rasulullah juga berdagang, termasuk sahabat2nya. KH. Ahmad Dahlan juga berdagang, membawa kain kemana-mana utk diperjual belikan. Bahkan perdagangan juga sebagai sarana dakwah utk menyiarkan islam, termasuk mengapa islam di Indonesia berkembang pesat pada jaman dahulu karena faktor tersebut. ”

Dari BPC HIPMI Kabupaten Kendal yang diwakilkan oleh Sekum M. Khusnul Khidad S.H saat sambutan juga menyampaikan apresiasi terhadap kerjasama ini.” HIPMI Kendal mengapresiasi kerjasama pengembangan kewirausahaan di kampus, kalau di HIPMI namanya HIPMI Goes To Campus! Kami terbuka bagi mahasiswa-mahasiswi yang ingin belajar beriwirausaha. Ini juga menjadi tujuan bagi HIPMI Kendal untuk mencetak wirausaha muda. ” ungkap owner Seafood Pawon Mbaktin

Acara dilanjutkan talkshow bersama mahasiswa STIT Muhammadiyah yang diisi oleh Abi Daulah Haque S.P Wasekum HIPMI Kendal yang juga Founder dan CEO Bourjuis Cafe. Dalam hal ini Abi menyampaikan bahwasanya entrepreneur menjadi solusi saat lapangan kerja terbatas apalagi dalam situasi pandemic banyak terjadi PHK “Hari kuota ASN, pegawai BUMN terbatas, dan beberapa perusahaan juga banyak mengurangi karyawan, maka solusi yang hadir bagi temen-temen lulus kuliah adalah menjadi entrepreneur untuk menciptakan lapangan kerja.”

BACA JUGA :  Milad Ke 25 RSDI Muhammadiyah Kaliwungu Adakan Khitanan Massal

Acara ini ditutup dengan penandatanganan MOU kerjasama BPC HIPMI Kendal dengan STIT Muhammadiyah Kendal yang dalam hal ini langsung ditandatangani oleh Ketum HIPMI Kendal Ariffianto A.Md, sedangkan dari STIT Muhammadiyah Kendal oleh ketua Prodi PAI Syaeful Hadi M.Pd.

Poin-poin penting yang tercakup dalam nota kesepahaman tersebut, antara lain dalam meningkatkan taraf pendidikan, pelatihan, seminar, Workshop, dan pemberdayaan masyarakat dalam dunia kewirausahaan di program studi PAI STIT Muhammadiyah Kendal. Setelah acara selesai di Bourjuis, mahasiswa-mahasiswi STIT dilanjutkan kunjungan praktek ke rumah Drs. H. Cahyanto, M.M (Ketua KADIN Kendal) untuk melihat proses pembuatan roti. (adh)