Beranda Dinamika Amal Usaha Tanamkan Kesadaran dan Tanggung Jawab Berorganisasi, PR IPM SMK Muga Weleri Gelar...

Tanamkan Kesadaran dan Tanggung Jawab Berorganisasi, PR IPM SMK Muga Weleri Gelar LDPR

0
99 views
MOTIVASI. Plt Kepala SMK Muhammadiyah 3 Weleri dan jajarannya memberikan motivasi kepada PR IPM.dalam acara LDPR (foto dok rifqi)

KENDALMU.COM | WELERI. Menjadi pemimpin yang baik pasti diawali dengan belajar leadership dan berorganisasi yang sungguh-sungguh, sehingga ketika dipercaya untuk memimpin sebuah organisasi merasa siap untuk mengemban amanat dan bersedia mempertanggungjawabkannya.

Demikian kata Plt Kepala SMK Muhammadiyah 3 (Muga) Weleri, H. Akhmad Sulkhan, ketika membuka acara Latihan Dasar Kepemimpinan Ranting (LDPR) bagi jajaran pengurus IPM setempat yang berlangsung pada Ahad (21/2).

Menurut beliau, terdapat beberapa tahapan yang harus diketahui ketika sebuah organisasi akan melaksanakan kegiatan dan berjalan dengan lancar.

“Kegiatan organisasi dapat berjalan dengan baik apabila terdapatnya perencanaan atau Planning, Organizing, Actuating, Controling, dan Evaluating yang disingkat POACE” katanya.

Menurut beliau, POACE merupakan kaidah yang digunakan sebagai acuan dalam menjalankan kegiatan organisasi maupun bisnis dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan.

Planning atau perencanaan diawali dengan munculnya ide sebuah kegiatan. Langkah selanjutnya adalah membuat konsep atau draff rencana kegiatan yang matang. Setelah itu agar kegiatan dapat berjalan dengan baik dilakukan kontrol, dicari hal-hal yang belum dipenuhi dan setelah kegiatan selesai dilakukan evaluasi” bebernya.

Beliau juga berpesan agar seluruh jajaran PR IPM untuk menjalankan amanat sebagai pimpinan, karena bagaimanapun seorang pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban.

“Dengan dilaksanakannya LDPR saya berharap anak – anak bisa belajar leadership dan belajar cara berorganisasi yang baik, serta bertanggung jawab” ujarnya sambil mengutip hadits Nabi ‘Kullukum rain wakullukum masulun an raiyatihi  , setiap kamu adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang dipimpinnya’

Sementara itu pembina PR IPM SMK Muga Weleri, Setyo Pranoto, menjelaskan, LDPR sebagai upaya menguatkan organisasi intra sekolah, yaitu IPM agar dapat berjalan dengan efektif dan efesien.

BACA JUGA :  KB Bahrul Ulum Truko Tempati Gedung Baru

“Organisasi yang efektif dan efesian dapat membawa perubahan positif di lingkunagn intra sekolah” katanya.

LDPR yang kalian ikuti, lanjut beliau, juga mengajarkan siswa dapat berorganisasi dengan baik, mengerti dan memahami arti penting suatu organisasi, menumbuhkan sikap tanggung jawab disiplin diri terhadap organisasi serta memperoleh bekal keterampilan dan pengetahuan dasar-dasar berorganisasi.

Kegiatan yang diikuti oleh 30 peserta tersebut ditutup oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Hendy Febryanto yang mengingatkan tentang maksud dan tujuan IPM adalah terbentuknya pelajar muslim yang berilmu, berakhlak mulia, dan terampil dalam rangka menegakkan dan menjunjung tinggi nilai-nilai ajaran Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. (rifqi)