Target 1 Juz Dalam Tiga Hari, SD Muhammadiyah Weleri Selenggarakan Camp Qur’an

0
0 views
foto dok. galuh

KENDALMU,COM | WELERI. Meningkatkan pemahaman dan hafal ayat-ayat Al qur’an bagi anak didik bisa dilakukan berbagai cara, diantaranya adalah dengan menyelenggarakan camp Al qur’an di tempat tertentu yang mampu mendukung program tersebut.

Hal itu dilakukan oleh SD Muhammadiyah Weleri melalui program Cam Qur’an yang berlangsung Rabu-Ahad (25-29/12) di masjid Al Huda Sambongsari, Weleri.

Ketua panitia, Galuh Andi L , menyampaikan, selain kegiatan diselenggarakan pada waktu liburan ulangan tengah semester juga dalam rangka mencetak para remaja penghafal ayat-ayat Al qur’an.

“Kami ingin para lulusan SD Muhammadiyah Weleri berkarakter Islami, kreatif dan hafal Al qur’an beberapa juz” kata Galuh.

Galuh menjelaskan, program camp qur’an dapat diikuti oleh peserta yang telah memenuhi beberapa persyaratan dan mengikuti seleksi.

“Camp Qur’an 2 awalnya diikuti oleh 53 pendaftar. Setelah panitia mengadakan seleksi ketat akhirnya yang lolos dan siap mengikuti program camp qur’an sebanyak 20 siswa” jelasnya.

Persyaratan peserta yang harus dipenuhi, kata Galuh, diantaranya adalah calon peserta mampu membaca Al qur’an standar lancar dan baik bacaannya. Kedua, anak sudah mendapat banyak ayat dalam waktu 10 menit.

“Setelah seluruh persyaratan dipenuhi oleh peserta selanjutnya kami serahkan sepenuhnya kepada pembimbing, Ustadz Galuh Andi Luxmana”

Sementara itu kepala SD Muhammadiyah Weleri, Sriyanta, mengatakan, program camp Qur’an tahun ini yang ke dua kalinya diselenggarakan sebagai ikhtiar agar anak-anak SD Muhammadiyah Weleri di masa depan menjadi generasi Al qur’an yang islamic dan unteque, dan bernilai tinggi.

“Kami bersyukur, bahwa kegiatan ini dapat terlaksana, ini sangat membantu hafalan anak, dan harapan kedepan terus akan dilaksanakan sebagai media menumbuhkan kecintaan terhadap Al Qur’an,” kata Sriyanta.

Dijelaskan, program Camp Qur’an mendapat dukungan dari wali siswa, terbukti dengan mereka mengantar anak-anaknya sekaligus mengikuti upacara pembukaan.

BACA JUGA :  PCM Rowosari Gelar Tiga Paket Kegiatan Gebyar Milad Muhammadiyah Ke 107

“Kehadiran orang tua menunjukkan, bahwa mereka berharap anaknya tidak sekedar lulus sekolah, tetapi menjadi bagian dari orang muslim yang dicintai oleh Allah karene mencintai firman-firmanNya”

foto dok. galuh

Ketua PCM Weleri, H. Ali Mu’zi, menyampaikan bahwa mahkluq hidup yang didekatkan dengan Alqur’an ternyata mengalami pertumbuhan yang cepat, baik dan berbuah lebih banyak.

“Dalam buku ‘Sains dalam Al qur’an membuktikan bahwa tumbuhan-tumbuhan dan pohon-pohonan mengikuti, tunduk kepada Allah SWT” kata Ali Mu’zi sambil menyitir Al qur’an Surat Ar Rahman ayat 6, ‘Dan tumbuh-tumbuhan dan pohon-pohonan keduanya tunduk kepadaNya’.

Dijelaskan, Al qur’an ternyata memberi efek samping bagi kehdupan seluruh mahluq yang ada, dan manusia adalah yang diberi akal agar menggunakan Al qur’an dalam kehidupan.

“Al qur’an saja memberi pengaruh terhadap tumbuh-tumguhan, dan benda lain, apalagi bagi manusia. Al qur;an sangat luar biasa” tegasnya.

Ali Mu’zi berharap dengan program camp Qur’an, anak-anak mampu menghafal ayat-ayat Al qur’an dengan baik, fasih dan memahami makna yang terkadung dalam Al qur’an. (galuh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here