Targetkan Pendapatan Tigapuluh Milyar, RSI Muhammadiyah Kendal Gelar RKAPB 2021

0
73 views
SERIUS. Jajaran MPKU, Direktur RSI, Jajaran Direksi RSI, BPH, dan unsur PDM Kendal serius rapat dengan pokok bahasan RKAPB RSI Muhammadiyah Kendal (foto dok dar)

KENDALMU.COM | KENDAL. Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kendal melalui Rumah Sakit Islam (RSI) Muhammadiyah Kendal menggelar rapat dengan pokok bahasan Rencana Kerja dan Anggaran Pendapatan Belanja (RKAPB) tahun 2021. Kegiatan berlangsung pada Rabu (30/12) di Tirto Arum Baru Kendal yang diikuti oleh jajaran Direksi RSI, BPH, unsur PDM Kendal, dan MPKU PDM Kendal.

Direktur RSI Muhammadiyah Kendal, dr. Suhadi, Sp An, menyampaikan, RKAPB RSI tahun 2021 merupakan peta kegiatan RSI Muhammadiyah Kendal.

RKAPB RSI tahun 2021, menurutnya, berisi rencana kinerja dan pembiayaan serta strategi pengembangannya yang berisi formulasi perencanaan kegiatan, pembiayaaan dan implementasinya

“Dan Alhamdulillah, apa yang kami paparkan sudah disetujui oleh pemilik rumah sakit, yaitu PDM Kendal dengan sedikit koreksi yang ada” kata dr. Suhadi, Sp An, usai rapat.

Terkait dengan pendapatan RSI yang dipimpinnya, Suhadi, menjelaskan, kita berusaha untuk bisa naik 15 %.

“Kita targetkan di tahun 2021 naik 15 % dengan besaran pendapatan kisaran 30 milyar dibanding dengan pendapatan di tahun 2020” ujarnya.

Meskipun di tahun 2021, menurutnya banyak prediksi yang sulit kita pastikan, karena faktor kondisi eksternal.

“Terutama Covid 19 yang belum jelas, dan tadi mendapat sorotan, juga terjadi diskusi yang cukup panjang dan bagaimana bisnis di bidang kesehatan di tahun 2021 ini”

Beliau berharap, hasil ketetapan rapat tersebut bisa dicapai di tahun 2021.

“Apa yang kita tetapkan dalam rapat dapat kita capai” tegas Suhadi.

Sementara itu, Ketua Badan Pelaksana Harian (BPH) RSI Kendal, dr. H. Achmad Shochibul Birri, M.Si, menyambut baik terhadap RKAB RSI 2021.

“RKAPB RSI 2021 cukup bagus, karena ada peningkatan, cukup rinci, dan prespektif, tinggal mengaplikasikan pekerjaannyan. Secara gambaran sudah jelas, sehingga kita optimis ke depannya, dan lebih bagus dari kemarin” kata Shochibul Birri.

BACA JUGA :  Di Tengah Pandemi Covid-19, MEK Kucurkan Dana Lima Puluh Juta Untuk Pengembangan Usaha

Terkait dengan rencana kenaikan pendapatan sebesar 15% pada tahun 2021, beliau menilai, bahwa RSI pada tahun-tahun ke depan ada peluang dan yang paling banyak bisa dari pendapatan pasien Covid-19.

“Dengan kita memanfaatkan moment ini, dan didukung dengan kepemilikan gedung baru lantai 9, saya kira 15 % dapat dicapai” ungkapnya.

Beliau berpesan kepada direktur dan jajaran direksi RSI Kendal untuk berhati-hati dalam menghadapi tantangan di tahun 2021.

“Jadi khusus untuk tahun 2021 akan terjadi perubahan mendasar. Kita harus hat-hati dan sikap mengantisipasi terhadap tantangan eksternal, yaitu pandemi Covid masih berjalan” pintanya.

Achmad Birri juga memprediksi di tahun 2021, akan terjadi perubahan regulasi dari pemerintah, maka beliau meminta agar RSI bisa mengantisipasi.

“Misalnya tentang tarif pasien dan ruang pasien BPJS juga harus mengantisipasi”

Penggunaan teknologi bagi RSI di tahun 2021, menurut Birri, juga harus dioptimalkan.

“Dalam kondisi pandemi Covid ini sudah banyak Rumah Sakit memanfaatkan teknologi, termasuk aplikasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang bisa konsultasi langsung tanpa harus datang ke RSI”

Pemanfaatan teknologi, menurutnya, bisa dilaksanakan dengan cara dua hal, yaitu RSI harus mampu berkompetensi, berkompetisi, dan berkolaborasi.

“Kalau kita tidak mampu dengan dua hal itu, kita bisa hilang, karena regulasi baru akan menghadirkan tuntutan tinggi, tetapi keuntungannya juga tinggi” pungkasnya (fur)