Tiga Mahasiswa UMJ Lolos Program IISMA

0
38 views

KENDALMU.COM | JAKARTA. Tiga mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) telah lolos program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), sebuah program dimana mahasiswa Indonesia di semester empat sampai enam bisa mendapatkan beasiswa yang memungkinkan mereka untuk mengambil mata kuliah di universitas top dunia. IISMA digagas oleh Kemendikbud Ristek.

Ketiga mahasiswa UMJ tersebut, yakni Lissa Zahrah (Arsitektur), Ranialda Hendri (Akuntansi), dan Hayuni Amailia (Keperawatan). Mereka berhasil lolos seleksi ke University of Sussex, Universiti Kebangsaan Malaysia, dan Universiti Putera Malaysia.

Ketua Subpokja IISMA Kemendikbud Ristek, Junaidi mengatakan terdapat dua program yang diluncurkan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan pada tahun 2021 di antaranya yaitu IISMA yang dilakukan secara luring dan langsung terjun ke perguruan tinggi luar negeri yang dituju.

“Pada tahun ajaran 2021/2022 terdapat 98 perguruan tinggi di Indonesia yang mengikuti program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2021”,katanya.

Mahasiswa yang mengikuti program tersebut, kata dia perlu melewati proses seleksi dengan menyertakan score TOEFL atau IELTS yang cukup mahasiswa harus mengikuti seleksi wawancara. Alissa Zahrah salah satu mahasiswa UMJ yang telah kembali dari United Kingdom (UK) mengatakan banyak ilmu yang diperoleh sepulangnya mengikuti program baik mengenai pendidikan dan sosio culture di Inggris.

“Kuliah di Inggris lebih informal dan santai, mahasiswa bebas bertanya di kelas dari mata kuliah sampai kehidupan pribadi. Hal ini membuat mahasiswa nyaman belajar karena cukup dekat dengan pengajar dan tenaga administratif disana,” tuturnya.

Sedangkan Kepala kantor Kerja sama dan Urusan Internasional (KUI), Endang Zakaria, memaparkan peluang mahasiswa UMJ untuk mengikuti program IISMA sangat besar. Namun mahasiswa perlu memperkuat kemampuan bahasa Inggrisnya karena seleksi yang dilakukan Kemendikbud Ristek sangat ketat.

BACA JUGA :  Asyiknya Anak-Anak TK ABA 1 Weleri Naik Dokar

“Setidaknya mahasiswa menyiapkan score TOEFL 550 dan IELTS 6.0 sesuai syarat mengikuti program,” ucapnya.

“Terbukti Mahasiswa Muhammadiyah dipacu untuk terus berprestasi dalam segala kesempatan. Termasuk kesempatan untuk bisa menimba ilmu di luar negeri. Kali ini giliran para mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) yang berhasil lolos dalam Program IISMA” pungkasnya.