Tiga PTM Gandeng SMK Muga Weleri, Gelar Webinar Tarik Mahasiswa Baru

0
75 views

KENDALMU.COM | WELERI. Sebanyak tiga Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM), yaitu Universitas Muhammadiyah Yogjakarta (UMY), Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Muhammadiyah Kendal, dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Muhammadiyah Kendal terus melakukan promosi penjaringan mahasiswa baru tahun akademik 2020-2021, diantaranya adalah menjalin kerja sama dengan pihak Sekolah Tingkat Atas sebagai ajang promosi, salah satunya SMK Muhammadiyah 3 (Muga) Weleri. Ketiga lembaga pendidikan tinggi milik Muhammadiyah tersebut menggelar Webinar (Web Seminar) bertajuk ‘Mengenal PTM, Potensi dan Kualitas Lulusannya’, yang berlangsung pada Jumat (12/2).

Plt Kepala SMK.Muhammadiyah 3 Weleri, H. Akhmad Sulkhan mengatakan, sekolah yang dipimpinnyan bertagline ‘BMW’, Bekerja, Melanjutkan, Wiraswasta.

“Bagi anak-anak SMK Muhammadiyah 3 Weleri yang ingin melanjutkan kuliah mestinya memiliki gambaran atau pilihan kampus dan ditata mulai dari awal” kata Sulkhan.

Beliau berharap melalui Webinar ini terdapat beberapa siswanya yang melanjutkan pendidikan di PTM tersebut.

Sementara itu Wakil Ketua (Waket) 2 bidang kemahasiswaan STIT Muhammadiyah Kendal, H. Ikhsan Intizam, Lc, M. Ag, dalam promosinya menyampaikan, bahwa saat ini Muhammadiyah masih kekurangan kader ulama’ tarjih.

“Dan STIT Muhammadiyah Kendal siap mencetak, dan melahirkan kader- kader yang berorientasi pada ketarjihan” katanya.

Menurutnya, Muhammadiyah tidak bisa lepas dari ulama’ tarjih dan senantiasa berusaha mencetak ulama’-ulama’ yang tangguh, yaitu mampu memberikan pencerahan kepada ummat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sedangkan dari UMY dalam Webinar menyampaikan jargon UMY ‘Muda Mendunia’.

Staff bidang administrasi UMY, Abdul Azis Hasan, M.Pd, mengajak kepada siswa-siswi SMK Muhammadiyah 3 Weleri yang ingin berkiprah dan berkarir di level mendunia bisa kuliah di UMY.

“UMY yang berdiri tahun 1981 sampai saat ini  memiliki lebih dari 30 Program Studi” kata Azis.

BACA JUGA :  Pembinaan Guru dan Pegawai AUM Pendidikan Di Kangkung, Sugiri : Muhammadiyah Sudah Memiliki Aturan Baku Tentang Kepegawaian

Menurutnya, ke 30 Prodi tersebut sebagai bentuk respon UMY untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Maka tidak berlebihan, jika kami mengajak kepada para alumni SMK Muhammadiyah 3 Weleri untuk melanjutkan studinya di UMY” pintanya.

Ketua Prodi Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Muhammadiyah Kendal, Siti Aminah, S.Kep, Ns, MAN, mempromosikan 3 Prodi yang dimiliki oleh STIKES tersebut.

“Diawali perubahan bentuk, dari AKPER menjadi STIKES Muhammadiyah Kendal, sampai saat ini kami memiliki 3 Program Studi” kata Aminah.

Ketiga Prodi tersebut adalah D3 Keperawatan, S1 Ilmu Gizi, dan S1 Keperawatan.

Menurut Aminah, dengan perubahan institusi menjadi STIKES Muhammadiyan Kendal kepercayaan masyarakat semakin meningkat yang ditandai dengan para alumninya terserap sebagai pekerja di pemerintah dan swasta khususnya bidang kesehatan.

“Dalam proses perkuliahan, kami menyiapkan beasiswa sebagai wujud kepedulian kami kepada mahasiswa yang berprestasi” katanya. (rifqi)