Tiga Tokoh NU Dibalik Melayat Ketua PDM Kendal

0
156 views
IMAM SHOLAT. Ketua Tanfidhiah PCNU Kab. Kendal, KH. Moh Danial Royyan memimpin sholat janazah KH. Muslim di masjid Arrahmah RSI Muhammadiyah (foto dok izuddin)

KENDALMU.COM | KENDAL. Paling tidak ada tiga tokoh NU yang menduduki posisi penting di struktur Pengurus Cabang Nahdlatul ‘Ulama (PCNU) Kab. Kendal yang menyempatkan diri bertakziah ke almarhum KH. Muslim, Ketua PDM Kendal pada Rabu (24/3). Mereka adalah Ketua Tanfidziyah, KH. Moh. Danial  Royyan, Rais Syuriyah PC NU Kendal, KH Izzudin Abdussalam, dan Sekretaris PCNU Kab. Kendal, Moh. Izudin. M.Pd.

Moh. Danial Royyan adalah putra pengurus MWC NU Kecamatan Gemuh. Sedangkan KH Izzudin Abdussalam adalah menantu pengasuh pondok pesantren Kersan Pegandon, beliau alumni dari pondok pesantren Sarang yang diasuh oleh K.H. Maemun Zuber. Adapun Moh. Izuddin adalah Kepala SMK NU 1 Kendal dan adik ipar dari Ketua LPB PDM Kendal, Moh. Hafiedz.

Ketiga tokoh NU itu juga dinilai sangat dekat dengan almarhum semasa hidupnya yang ditampilkan di depan publik sebagai simbol persaudaraan mewakili dua ormas besar Muhammadiyah dan NU.

Diawali dengan kabar duka yang dikirim oleh Sekretaris PCNU. Moh. Izudin dan diterima oleh KH. Moh Danial Royani.

“Saya langsung WA Yai Danial, “Bah ajeng takziah sareng nopo ?” langsung dijawab “Ayo rwa” tulis Moh Izuddin di laman Watshapp yang diterima oleh kendalmu.com pada Rabu (23/3) pukul 13.00 Wib.

KENANGAN. Kenangan dua tokoh Ormas Islam Besar di Kab. Kendal, KH. Muslim, Ketua PDM Kendal dan KH. Moh Danial Royyan, Ketua Tanfidziyah PCNU Kab. Kendal dalam Halal bi Halal. ( foto dok izuddin)

Ketua dan Sekretaris PCNU Kab. Kendal itu akhirnya berangkat menuju RSI Muhammadiyah Kendal di mana KH. Muslim meninggal tetapi belum disucikan. Kedatangan mereka berdua diterima oleh anggota Badan Pembina Harian (BPH) RSI, Budiyanto Amalia, Direktur RSI, dr Suhadi, Sp An, Wadir RSI Bidang Keuangan, drg. HR. Ibnu Darmawan, Ketua MPKU PDM Kendal, Taufik Husain, dan Ketua  DPD PAN Kab Kendal, Nasri.

Sambil menunggu selesainya jasad KH. Muslim disucikan untuk disholati, mereka ngobrol ringan, hangat, dan santai. Dari situ muncul rasa kekeluargaan dan harmonis diantara mereka yang tanpa disadari bisa dikatakan mewakili dua ormas besar di Kab. Kendal, Muhammadiyah dan NU.

BACA JUGA :  PCPM Cepiring Dilantik, Nanang Kurniawan: Muhammadiyah Sebagai Pilar Rahmatan lil alamiin.

Menurut Moh Izudin semua seperti Allah yang menuntun untuk bertemu dan berbicara ringan

“Saya berkeyakinan semua itu, termasuk pertemuan tanpa diduga Allah yang menuntun” tutur Izudin.

Obrolan mereka berlangsung hampir satu jam dan nampaknya harus berhenti karena janazah KH. Muslim sudah siap disholati.

Ketua Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Kendal, KH Mohammad Danial Royyan bertindak sebagai imam shalat jenazah di Masjid Arrahmah komplek RSI Weleri dan diikuti oleh ratusan jamaah lainnya.

SHALAT JANAZAH. Rais Syuriah PCNU Kab. Kendal, KH. Izuddin Abdussalam (tengah berbaju putih) tengah sholat jenazah di pusaran almarhum KH. Muskim, Ketua PDM Kendal ( foto dok zab)

Sementara itu Rais Syuriyah PC NU Kendal, KH Izzudin Abdussalam yang baru saja mendapat kabar duka meninggalnya KH. Muslim sudah berada di pemakaman.

Rais Syuriyah PCNU Kab. Kendal itu segera menuju ke pusaran makam KH. Muslim.

Ngapunten kulo nembe ngertos bilih Pak Kaji Muslim sedo. Kulo tak nyolati ten makbaroh rumiyen” tutur Izuddin Abdussalam (fur)