Tingkatkan Kualitas Lembaga Pendidikan Muhammadiyah, Puluhan KS MI dan SD Merapat ke SD Muhammadiyah Gunungpring, Magelang.

0
1 views
TERIMA KUNJUNGAN . Kepala SD Muhammadiyah Gunungpring, Aris Harjanto (ketiga dari kanan) foto bersama usai menerima kunjungan rombongan studi banding dari Kendal. (foto dok butuk)

KENDALMU.COM | KENDAL. Peningkatan kualitas seluruh Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) mutlak dilakukan sebagai upaya meningkatkan kepercayaan masyarakat luas. Hal itu juga berlaku untuk Amal Usaha Muhammadiyah di bidang pendidikan tingkat sekolah dasar dengan melakukan studi banding ke SD Muhammadiyah Gunungpring, Muntilan, Kab. Magelang pada Selasa (3/12).

“Melalui studi banding ke SD Muhammadiyah Gunungpring diharapkan bisa menambah wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan kedepannya di SD dan MI Muhammadiyah yang ada di Kendal untuk menjadi lebih baik” kata bendahara Majelis Dikdasmen PDM Kendal, Moh. Fatah ketika mendampingi rombongan 24 Kepala SD dan MI Muhammadiyah se Kab. Kendal di SD Muhammadiyah Gunungpring.

Beliau menjelaskan, SD dan MI Muhammadiyah di Kendal belum semuanya berkualitas tinggi yang mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk menyekolahkan putra-putrinya di lembaga pendidikan Muhammadiyah.

“Melalui studi banding ke SD Muhammadiyah Gunungpring apa yang ada dan mampu dilaksanakan kita pelajari dengan sungguh-sungguh dan kita terapkan di sekolah Muhammadiyah” ujarnya.

Sementara itu ketua Forum Kepala Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (FKSM), Sriyanta yang juga mengikuti kegiatan tersebut mengatakan, bahwa studi banding selain sebagai program kerja FKSM, juga upaya membangkitkan kembali semangat meningkatkan mutu sekolah Muhamamdiyah.

“Kita ingin terus meningkatkan kualitas sekolah Muhammadiyah di Kendal melalui berbagai usaha, diantaranya adalah memilih sekolah Muhammadiyah yang berkualitas untuk kita jadikan obyek kunjungan” kata Sriyanta.

Beliau menerangkan terdapat beberapa hal yang patut kita tiru di SD Muhammadiyah Gunungpring yang berbasis pada pengelolaan sekolah, khususnya terkait manajemen keuangan, kesiswaan, sarpras dan kurikulum.

“Dengan melihat langsung kemajuan sekolah Muhammadiyah akan terbuka wawasan kita, memperoleh ilmu baru, dan yang paling utama adalah mengubah pola pikir tentang bagaimana memanage lembaga pendidikan menjadi sekolah unggul yang berdaya saing dan mandiri” beber Sriyanta.

BACA JUGA :  Isi Liburan Bermanfaat, PC IPM Sukorejo Selenggarakan Pelatihan Kader Dasar Taruna Melati 1

Sedangkan kepala SD Muhammadiyah Gunungpring, Aris Harijanto mengungkapkan rasa bangga dan bersyukur, bahwa sekolah yang dipimpinnya mendapat kunjungan dari Kendal.

“Kunjungan dari Kendal kami nilai istimewa, karena sama-sama memiliki semangat untuk memajukan sekolah Muhammadiyah” kata Aris.

Beliau memberi kesempatan seluas-luasnya kepada rombongan dari Kendal untuk mengetahui apa yang menjadi daya tarik kemajuan sekolah untuk diterapkan di Kendal.

Sebagaimana diketahui, bahwa Pimpinan Ranting Muhammadiyah Gunungpring, Cabang Muntilan saat ini mengelola SD, SMP Muhammadiyah dan SMK Taruna Muhammadiyah. (kang fur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here