Beranda Dinamika Amal Usaha Tingkatkan Gemar Makan Sayur, TK ABA 1 Penyangkringan Hadirkan Owner Kebab

Tingkatkan Gemar Makan Sayur, TK ABA 1 Penyangkringan Hadirkan Owner Kebab

0
138 views

KENDALMU.COM | WELERI. Anak-anak kerap pilih-pilih makanan. Terkadang mereka hanya mau makanan tertentu yang rasanya manis atau gurih, seperti gula-gula dan gorengan. Salah satu jenis makanan yang sering ditolak oleh anak adalah sayuran. Rasa sayur yang khas terkadang tidak cocok di lidah mereka.

Supaya anak-anak gemar makan sayuran perlu disiasati,  mengolah sayuran yang dipadukan dengan bahan lain, seperti daging, roti dan bumbu-bumbu pilihan sehingga memiliki rasa enak dan bergizi.

Hal tersebut dilakukan oleh TK ABA Penyangkringan 1, Weleri pada salah satu puncak pembelajaran, praktek langsung membuat makanan berbahan dasar sayuran, yaitu kebab, penganan cepat saji terdiri atas daging sapi yang dipanggang kemudian diiris-iris ditambah dengan sayuran segar dan mayones.

Kepala TK ABA 1 Penyangkringan, Safiroh Ulya mengatakan, supaya anak-anak gemar makan sayur dan mengetahui manfaat sayuran bagi tubuh perlu ditampilkan cara membuat makanan berbahan sayuran diantaranya adalah kebab.

“Hampir semua anak-anak menyukai makanan kebab yang terbuat dari daging sapi dan sayuran” kata Safiroh di tengah anak-anak praktek membuat kebab pada Senin (4/10).

Ia menjelaskan, pelaksanaan cooking class dibagi 6 kelompok dari 85 peserta didik, dan setiap kelompok didampingi oleh satu guru.

“Dalam pelaksanaan praktek memasak tetap mematuhi protokol kesehatan” imbuhnya.

Sementara itu owner kebab, Aldys Vitry merasa berterima kasih karena usahanya bisa bekerja sama dengan TK ABA 1 Penyangkringan.

“Anak-anak memang perlu dikenalkan makanan berbahan dasar sayuran, diantaranya adalah makanan kebab’ kata Aldys.

Alumni Sekolah Bisnis Muslim (SBM) itu menjelaskan, membuat makanan kebab mudah, tetapi menciptakan rasa kebab yang enak dan bergizi tidak gampang.

“Meskipun bahan-bahannya sama, tapi kualitas sayur dan daging sapi segar serta bahan lainnya diperlukan takaran yang pas” jelas Aldys.

BACA JUGA :  Perdalam Pembuatan JST, MPM Lakukan Studi Banding ke Lamongan

Dia berharap, anak-anak setelah menyaksikan cara membuat kebab dan merasakan hasil masakannya dapat dipraktekkan di rumah bersama keluarga.

Sedangkan salah satu siswa, Azaela mengaku merasakan enaknya kebab hasil masakannya.

“Kebabnya enaak… saya suka sekali” kata Azalea senang.

“Kebab masakanku juga enak, nanti di rumah saya mencoba buat sama Mama” sahut Aisyiah. (dyah)