Tingkatkan Imun dan Iman, PRM Gempolsewu Gelar Gowes

0
49 views

KENDALMU.COM | ROWOSARI. Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Gempolsewu, Rowosari melalui pengajian Darussalam menggelar Gowes, sebuah aktifitas mengayuh pedal pada sepeda dalam rangka meningkatkan iman dan imun pada setiap anggota yang terlibat. Mereka para pecinta gowes  tergabung dalam Darussalam All Bike (DAB) dengan sasaran bersepeda memasuki 7 kecamatan, yaitu Rowosari, Weleri, Ringinarum, Gemuh, Pegandon, Cepiring, Kangkung.

Ketua PRM Gempolsewu, Maghfur Albar mengatakan, gowes sekarang menjadi olahraga yang menyenangkan dan disukai oleh masyarakat umum.

“Bersepeda sebagai olahraga yang menyenangkan, saat ini menjadi tren dan disukai berbagai usia, dengan olahraga bersepeda sebagai ikhtiar agar tubuh tetap bugar” kata diselea-sela gowes pada Ahad (24/1)

Beliau menjelaskan, manfaat bersepeda secara teratur dapat merangsang dan memperbaiki jantung, paru-paru, sirkulasi darah, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

“Jika dilakukan minimal 2,5 jam seminggu atau 30 menit setiap hari secara rutin memiliki dampak positif bagi kesehatan tubuh. Bersepeda akan memperkuat otot jantung dan mengurangi kadar lemak dalam darah” bebernya.

‘Berolahraga’, lanjut beliau, ‘sangat dianjurkan dalam syariat Islam’, sambil mengutip hadits Nabi. ’Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada Mukmin yang lemah’

Ketua PRM Gempolsewu berharap, dengan olahraga gowes bersama seluruh peserta imunnya meningkat.

“Tidak hanya imun, tetapi juga iman sebagai afiliasi ikhtiar, berdakwah yang menggembirakan, karena Muhammadiyah dalam berdakwah bersifat menggembirakan, bukan menakutkan” pungkasnya dengan mengutip firman Allah dalam Al qur’an Surat Al Muntaha ayat 380, ‘(Yaitu) Seorang mukmin yang kuat iman dan kuat badan serta amalnya, ini lebih baik daripada seorang mukmin yang lemah imannya dan lemah badan serta amalnya, karena mukmin yang kuat akan produktif dan memberikan manfaat bagi kaum muslimin dengan kekuatan badan, iman dan amalnya’. (fajar)

BACA JUGA :  CEO CS Amalia Ajari Mahasiswa STIKES Muhammadiyah Punya Mobil Tanpa Kredit dan Beli