Tingkatkan Kualitas Media Pembelajaran, SD Muhammadiyah Weleri Dirikan Studio Mini

0
44 views
POTONG PITA. Wakil Ketua PDM Kendal, Moh Zabidi memotong pita ketika meresmikan Studio Mini Pembelajaran SD Muhammadiyah Weleri (foto dok fur)

KENDALMU.COM | WELERI. Salah satu dampak pandemi Covid 19 adalah terganggunya dunia pendidikan yang dituntut untuk mengalihkan metode proses pembelajaran di sekolah dari tatap muka, luring menjadi daring atau online melalui media elektronik dan biasanya dilakukan dengan sarana alat komunikasi, seperti smartphone. Sementara alat komunasi genggam tersebut terkadang tidak mampu menghasilkan gambar yang lebih bagus karena faktor pencahayaannya.

SD Muhammadiyah Weleri memahami bahwa metode pembelajaran daring sudah saatnya dirancang yang lebih bagus dan elegan melalui Studio Mini Pembelajaran (SMP) yang di dalamnya terdapat perangkat-perangkat khusus, seperti kamera digital, lighting, tata ruang dan terdapatnya guru yang memiliki kompetensi di bidang audio video.

“Kami mempersiapkan studio mini sudah cukup lama. Ketika awal-awal pandemi Covid kami sudah merancangnya” kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarpras SD Muhammadiyah Weleri, Abdul Malik usai peresmian SMP pada Sabtu (21/8).

Pendirian studio mini pembelajaran, kata Malik biayanya bersumber dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan dari orang tua murid.

“Dana BOS bisa untuk pengadaan alat-alat bantu pembelajaran, seperti komputer, kamera, flash head, light stand, silver umbrella, white umbrella, mic jepit, dan microphone recording studio” ungkapnya.

UJI COBA. Guru SD Muhammadiyah Weleri saat uji coba rekaman di studio mini pembelajaran SD Muhammadiyah Weleri (foto dok fur)

Dijelaskan, melalui studio mini ini bisa melakukan syuting pembelajaran sehingga yang diberikan kepada siswa lebih berkualias.

Dia berharap studio mini mampu meningkatkan proses pembelajaran dan anak-anak lebih semangat dalam mengembangkan kreatifitasnya.

“Anak-anak melalui ekstra kurikuler bisa kita latih reporter cilik”  harapnya.

Sementara itu Wakil Ketua PDM Kendal, Moh. Zabidi saat peresmian studio mini mengatakan model pembelajaran secara virtual sebagai tuntutan dalam dunia pendidikan ketika menghadapi kondisi pandemi Covid 19.

“Pandemi Covid ternyata mengajak kita untuk lebih bersahabat dengan teknologi dan informasi dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran” kata Zabidi.

BACA JUGA :  Sillaturrahmi Ramadhan Putaran ke 3 : Ayo Urus IMB !

Melalui studio mini dia berharap tidak hanya melengkapi fasilitas sekolah saja, tetapi memanfaatkannya untuk meningkatkan prestasi guru maupun peserta didik sehingga sekolah lebih dikenal oleh masyarakat luas.

“Sekolah yang memiliki fasilitas lengkap dan guru-guru yang profesional akan membuat sekolah lebih menjual” pungasnya. (fur)