Tingkatkan Peran UPZ Dalam Pengentasan Kemiskinan, Baznas Kendal Gelar Sarasehan

0
34 views

KENDALMU.COM | KENDAL. Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak besar terhadap tatanan sosial, ekonomi dan kemanusiaan di Kendal, termasuk meningkatnya angka kemiskinan.

Upaya menekan laju kemiskinan dilakukan diantaranya melalui lembaga-lembaga pengumpul dan pemberdayaan keuangan ummat, yaiti zakat.

Ketua Baznas Kab. Kendal, Syamsul Huda dalam Sarasehan dan Rakor Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Kab. Kendal mengatakan, upaya meningkatkan peran UPZ dilakukan sebagai ikhtiar mengentaskan kemiskinan di Kab. Kendal.

“UPZ yang berada dibawah koordinasi Baznas, bertugas untuk membantu dalam pengumpulan zakat yang dikelola secara efektitas, efisien dan bertujuan meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan” kata Syamsul Jum’at (26/11) di Pendopo Kendal.

Dia menyampaikan, tujuan sarasehan untuk meningkatkan peran UPZ dalam pengelolaan ZIS ASN dan Non ASN, dan dapat mendukung kesuksesan Program Baznas terkait pengentasan kemiskinan di Kabupaten Kendal.

Sedangkan Bupati Kendal, Dico M. Ganinduto menyampaikan terima kasih kepada BAZNAS dan segenap anggota Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kabupaten Kendal, atas kinerja yang telah mampu melaksanakan pengumpulan, pengelolaan zakat, infaq dan shadaqah di Kabupaten Kendal dengan baik selama ini sehingga bisa membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan selama pandemi Covid-19.

“Sudah hampir 2 tahun pandemi virus Covid-19 melanda negara Indonesia termasuk Kabupaten Kendal, tentunya ini berdampak pada meningkatnya angka kemiskinan di Kabupaten Kendal, maka Kedepan BAZNAS dan UPZ harus bekerja lebih keras dan berinovasi untuk membantu Pemerintah Kabupaten Kendal dalam mengatasi persoalan-persoalan kemiskinan, sehingga manfaatnya dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat, terutama untuk kesejahteraan masyarakat Kendal khususnya anak yatim piatu, fakir dan masyarakat miskin yang membutuhkan,” katanya.

Dico mengingatkan, pandemi Covid -19 belum berakhir dan semua pihak tetap mematuhi protokol kesehatan.

BACA JUGA :  [KABAR MUKTAMAR] Ketua Umum PP Muhammadiyah ‘Kulonuwun’ Ke Gubernur Jateng

“Kita ketahui bersama bahwa virus covid-19 belum berakhir, saat ini  di Kecamatan Singorojo terdapat warga yang terpapar virus Covid-19, untuk itu kita harus tetap waspada dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Saya juga meminta kepada Baznas Kendal untuk menjadi pelopor penerapan protokol kesehatan, yang mana disetiap kegiatanya juga harus mensosialisasikan pentingnya protokol kesehatan, agar kita semua dapat terhindar dari bahaya penyebaran virus covid-19,” katanya lagi. (fur)