Ubah Mindset Guru yang Ingin Lebih Maju, SD Muhammadiyah Weleri Studi Banding ke SD Muhammmadiyah Al Kautsar Gumpang

0
124 views
CINDERAMATA. Kepala SD Muhammadiyah Weleri, Sriyanta (kiri) menerima cinderamata dari Kepala SD Muhammadiyah Al Kautsar Gumpang, Kartasura dalam studi banding. (foto dok galuh)

KENDALMU.COM | KARTASURA. Pola pikir atau mindset di era modern ini merupakan sesuatu yang penting dan berharga bagi jajaran guru sebagai SDM dalam memajukan lembaga pendidikan dimana mereka mengabdi.

Hal itu yang dilakukan oleh SD Muhammadiyah Weleri melalui kunjungan, studi banding ke SD Muhammadiyah Al Kautsar Gumpang Kartasura pada Sabtu (6/4).

Dalam kunjungan tersebut Kepala SD Muhammadiyah Weleri, Sriyanta hadir bersama 38 guru/karyawan dan didampingi oleh ketua Majelis Dikdasmen PCM Weleri, Waluyo Hadi, dan anggota Saiful Arif.

Dikatakannya kunjungan ke SD Muhammadiyah Al Kautsar dimaksudkan untuk memperoleh wawasan dan pengalaman baru untuk lebih memajukan sekolah yang dipimpinnya.

“Kami mengakui masih banyak ketertinggal dari sekolah/madrasah Muhammadiyah yang sudah lari duluan, bahkan terbang dalam perkembangannya” katanya.

Dia ingin dalam memajukan sekolahannya justru ada hambatan, karena dengan kesulitan itu akan diurai dan ditemukan solusinya.

“Kami ingin mimpi-mimpi kami dapat terlaksana walaupun disana-sini ada suatu hambatan, dengan hambatan dapat memacu kami lebih termotivasi untuk kemajuan sekolah” ungkap dia.

BERSAMA. Foto bersama di salah satu latar SD Muhammadiyah Al Kaustar Gumpang (foto dok galuh)

Sriyanta mengemukakan untuk memajukan sekolah  tidak boleh ada kata kata nanti, sekarang melangkah apa yang harus kita lakukan.

“Jangan sampai kita berpangku tangan bahkan merasa aman, nyaman dengan kemajuan yang telah dicapai hari ini, sekolah harus bergerak, berinovasi, berkreasi serta melakukan terobosan program-program yang yang baru untuk kemajuan sekolah. Kelengahan sedikitpun yang kita lakukan harus segera kita evaluasi dan ditindaklanjuti, jangan sampai terjadi  kemunduran” bebernya.

Kedatangan rombongan dari SD Muhammadiyah Weleri diterima oleh jajaran Badan Pembina Harian (BPH) SD Muhammadiyah Al Kautsar Gumpang dan jajaran manajemen SD setempat.

Sekretaris BPH SD Muhammadiyah Al Kautsar Gumpang, Natangsa Surbakti menyampaikan sejarah berdirinya SD Muhammadiyah Al Kautsar.

BACA JUGA :  Film PKO 1920 Karya PCPM Weleri Banjir Pujian

“SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar berdiri atas keprihatinan beberapa tokoh masyarakat di desa Gumpang akan pendidikan yang kurang mengedepankan kualitas” ungkap Surbakti.

Para tokoh Desa Gumpang, katanya, menginginkan adanya pendidikan dasar yang representatif yang mampu memenuhi tuntunan kebutuhan zaman.

“Atas dasar itu kemudian beberapa tokoh masyarakat di desa Gumpang berprakarsa merubah Madrasah Ibtidaiyah Muhammad 6 Gumpang menjadi SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar. Pada tahun 2002 gagasan muncul dan terealisir pada tahun 2003. Mendapatkan ijin operasional dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sukoharjo No. 420/3346 Tanggal 1 Oktober tahun 2003” jelasnya.

Menurut dia, SD Muhammadiyah Al-Kautsar dirancang secara terpadu dan diharapkan dapat menjadi pioneer pendidikan dasar yang mampu menyiapkan anak yang berilmu dan memiliki akhlak yang mulia khususnya di daerah Kartasura.

“Kami ingin SD Muhammadiyah Al Kautsar dapat meletakkan dasar–dasar pendidikan pada anak – anak yang nantinya akan melahirkan generasi yang sholeh, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri dan berakhlaq mulia sehingga bisa menjawab tantangan zaman”

Kepala SD Muhammadiyah Al Kautsar, Heru Nugroho membuka pintu lebar-lebar kepada sekolah Muhammadiyah yang ingin belajar kemajuan sekolah persyarikatan.

“Jangan segan-segan untuk mampir, dan jangan pulang jika belum memperoleh konsep memajukan sekolah Muhammadiyah” ujarnya.

“Kita terus belajar untuk mewujudkan kemajuan dan kualitas sekolah Muhammadiyah agar menjadi sekolah yang terbaik” tutupnya. (galuh)