Uji Coba MPM PDM Kendal Tentang JST Hasilkan Ayam Muslim

0
160 views

KENDALMU.COM | PLANTUNGAN. Majelis Pemberdayaan Masyarakat  Pimpinan Daerah Muhammadiyah (MPM PDM) Kendal melakukan uji coba Jamu Strong Ternak (JST) untuk ayam petelur. JST yang sudah dalam bentuk cair tersebut untuk minuman ayam.

Dalam uji coba cairan JST yang dilakukan oleh peternak ayam petelur, Erwin (43) warga desa Tlogo Payung, Kec. Plantungan diakui mampu membuat 1900 ternak ayam miliknya menjadi sehat dan tidak sakit-sakitan.

“Awalnya ayam kami banyak mengalami stress dan angka kematiannya cukup tinggi. Tapi setelah pakai JST kematian ayam kami menurun” kata Erwin yang sudah 9 tahun menekuni ternak ayam petelur.

Erwin menerangkan, selama satu setengah bulan menggunakan JST hasilnya kondisi ayam sehat dan kualitas terur juga bagus dibandingkan dengan sebelum menggunakan jamu yang diproduksi oleh MPM tersebut.

“Sepekan kami belum melihat hasilnya, pekan kedua dan ketiga sudah kelihatan hasilnya. Satu bulan kemudian ayam kami sekarang tidak hanya sehat, tapi juga telurnya berkualitas, yaitu cangkang telur tebal” ungkapnya.

Dalam upaya mengkondisikan supaya ayam petelur sehat dan tidak mengalami stress, Erwin juga melakukan terapi kepada semua ayam miliknya. Caranya memasang speaker dan diperdengarkan murattal Aqur’an selama 24 jam non stop.

“Sebetulnya murattal Al qur’an yang kami lakukan melalui tape supaya  psikologi ayam bisa tenang dan alhamdulillah hasilnya mengejutkan, ayam-ayam kami bisa tenang dan produksinya meningkat. Ayam kami muslim semua” katanya sambil tersenyum.

Diketahui, terapi murattal Alqur’an kepada ternak sapi perah pernah dilakukan oleh mahasiswa IPB, Ghulam Halim Furqoni. Hasil yang didapat sungguh mengejutkan yaitu ternyata sapi perah yang diberi terapi murattal Al-Qur’an selama 24 jam non stop hasilnya sungguh mengejutkan, menjadi lebih tenang psikologisnya, produksi susu dari sapi perah tersebut menjadi meningkat. Tentunya atas izin Allah. Inilah mukjizat Al qur’an.

BACA JUGA :  KSPPS BTM Kaliwungu Pegang Predikat Layak Administrasi dan Sehat Keuangan

Wakil Ketua MPM PDM Kendal, Muhammad Faroq, yang turut datang ke kandang ayam petelur milik Erwin mengatakan, JST adalah produk hasil belajar bersama ke MPM Kabupaten Lamongan beberapa bulan lalu.

Diakui uji coba ayam petelur menggunakan JST sering dilakukan di luar Kab. Kendal, seperti di Lamongan dan luar Jawa, hasilnya bagus.

“Yang dibutuhkan kesabaran, dan proses. Terbukti selama sepekan belum ada hasil yang diharapkan, tetapi satu setengah bulan kemudian hasil ayam sehat dan telurnya berkualitas. Tidak hanya cangkangnya lebih tebal, tapi albumin tidak mudah pecah” katanya. (fur)

TONTON VIDEO REVIEWNYA DI YOUTUBE :