Upgrading Jurnalis Kendalmu.com Putaran Ke 2, Pesertanya Membludak

1
135 views

KENDALMU.COM | SUKOREJO. Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kendal melalui Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) menggelar upgrading jurnalis kendalmu.com putaran ke dua. Kegiatan tersebut berlangsung pada Sabtu (5/12) di SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo. Adapun pesertanya berjumlah 52 utusan dari seluruh Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) yang ada di eks Kawedanan Selokaton yang meliputi Kecamatan Sukorejo, Patean, Pageruyung dan Plantungan.

Ketua panitia, Dyah Anggraeni, mengatakan, jumlah peserta upgrading jurnalis kendalmu.com melebihi dari target yang kami harapkan.

“Jumlah 52 peserta itu melebihi target. Artinya dari 28 AUM yang ada di exs Kawedanan Selokaton yang kami undang hampir semua mengirimkan utusannya” kata Dyah.

Pasalnya, lanjut Dyah, panitia harus menambah satu ruang lagi dengan membuka sekat ruang sehingga terdapat tiga ruang untuk peserta.

“Sebetulnya dua ruang cukup, tetapi kami harus memperlakukan physical distancing sebagai bentuk mematuhi protokol kesehatan” .

Beliau menjelaskan, upgrading putaran ke dua sebagai kelanjutan dari putaran yang pertama yang sudah berlangsung

“Upgrading putaran pertama kami gelar di SMK Muhammadiyah 2 Boja Sabtu lalu dengan jumlah 12 peserta” ungkapnya.

Wakil Ketua PDM Kendal, H. Iskhaq dalam sambutannya, meminta kepada seluruh peserta nantinya setelah mengikuti upgrading diharapkan dalam menulis berita bisa mengambil judul yang menarik.

“Berita dengan judul yang menarik akan dibaca oleh banyak orang, sebaliknya berita dengan judul yang biasa saja jarang orang membacanya” kata Ishaq.

Dalam menulis judul berita yang menarik, menurutnya, tidak berbeda menyampaikan judul dalam khutbah yang menarik juga.

“Saya kemarin khutbah jumah memberi judul yang menarik ‘satu jam senilai Rp 35.000.000’” ujarnya.

Menurut Iskhaq, uang sebanyak itu sebagai analogi dari harga seekor unta, dan hewan itu dapat diperoleh orang muslim dalam kurun waktu satu jam apabila datang ke masjid yang pertama untuk menunaikan ibadah shalat jum’ah.

BACA JUGA :  Soal Covid, Kader Muda Muhammadiyah Kendal Pertanyakan Kinerja Polri

“Bagi seorang muslim yang datang pertama kali di masjid untuk menunaikan shalat jumah akan mendapat pahala senilai berkurban seekor unta”

Upgrading jurnalistik diselenggarakan sebagai ikhtiar bersama agar website kendalmu.com mampu secara rutin menyajikan berita-berita setiap harinya tentang dinamika perkembangan Muhammadiyah di Kendal.

Sebagai nara sumber adalah pimpinan redaksi kendalmu.com, Abdul Ghofur, menyampaikan materi teknik membuat berita untuk media sosial yang cepat, akurat, dan dapat diertanggung jawabkan.

Sedangkan anggota MPI PDM Kendal, Rifqi Khoirul  Anam, menyampaikan materi dengan judul teknik menulis opini yang orisinil. (iman w)