Beranda Dinamika Wisuda Ke 10, Umsida Lepas 175 Lulusan D1 Pendidikan Kemuhammadiyahan

Wisuda Ke 10, Umsida Lepas 175 Lulusan D1 Pendidikan Kemuhammadiyahan

0
194 views

KENDALMU.COM | KENDAL. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) Jawa Timur melepas 175 lulusan Program Diploma 1 Pendidikan Kemuhammadiyahan. Pelepasan tersebut ditandai dengan wisuda yang berlangsung pada Senin (5/4) di Hotel Sae Inn Kendal. Mereka yang diwisuda terdiri dari unsur guru di sekolah Muhammadiyah, pegawai AUM, Ortom, dan Pimpinan Muhammadiyah di Kendal.

Ketua Program Studi Diploma 1 Kemuhammadiyahan Umsida untuk Wilayah Kab. Kendal, Katsir Santoso Widodo mengatakan mereka yang diwisuda adalah mahasiswa angkatan ke 11 dan 12.

“Seluruh mahasiswa yang diwisuda tentunya sudah mengikuti perkuliahan selama 4 bulan setiap angkatannya dengan segala tugas-tugas yang harus dilaksanakan dengan baik” kata Katsir ketika ditemui kendalmu.com usai wisuda.

Dikatakannya mengingat jumlah wisudawan cukup banyak, maka pelaksanaannya dilakukan dua tahap, yakni tahap pertama untuk angkatan ke 11 dengan jumlah 74 mahasiswa dan 101 untuk angkatan ke 12.

“Hari ini wisuda dilaksanakan dengan dua gelombang, karena masih dalam pandemi Covid-19, dan protokol kesehatan tetap harus kita tegakkan”

Katsir berharap, program D1 Kemuhammadiyahan adalah sekolah kader bersifat resmi karena berbasis university mereka harus mampu menjadikan dirinya sebagai kader yang berideologi Kemuhammadiyahan.

“Mereka harus mampu mentransformasikan dirinya yang awalnya sebagian dari mereka tidak faham dengan Muhammadiyah akhirnya faham dan berani berkiprah di Muhammadiyah” ujarnya.

Katsir Santoso Widodo yang juga Ketua Lembaga Pengembangan Pesantren Muhammadiyah (LPPM) PDM Kendal melihat bahwa PDM Kendal sudah saatnya melakukan regenerasi.

“Tahun ini kami berkabung, berduka karena banyak anggota PDM Kendal yang sedo dan alumni-alumni D1 Kemuhammadiyahan sudah saatnya mengganti” harapnya.

Terkait keberadaan Program D1 Kemuhamamdiyahan di Kendal tetap berjalan sebagaimana mestinya.

“Untuk angkatan ke 13 akan kami laksanakan pasca lebaran dan saya melihat beberapa AUM sudah inden mengikuti D1 Keuhammadiyahan” ujarnya.

BACA JUGA :  Wujud Gotong Royong, Warga Kerja Bakti Cor Gedung MI Muhammadiyah Gempolsewu Sampai Larut Malam

Sementara itu Wakil Sekretaris PDM Kendal, H. Moh Antono yang turut hadir dalam wisuda mengapresiasi kepada Majelis Pendidikan Kader yang tetap eksis melaksanakan sekolah kader melalui Program Diploma 1 Pendidikan Kemuhammadiyahan sampai tuntas.

Dia berharap ilmu yang diperoleh harus diaplikasikan di tempat mereka mengabdi di amal usaha Muhammadiyah.

“Pendidikan D1 Kemuhammadiyahan bisa dijadikan syarat bagi para pegawai di lingkungan Muhammadiyah untuk meningkatkan karir pengabdiannya” ujar Antono.

Sedangkan Rektor Umsida, Dr. Hidayatullah, M.Si dalam sambutannya mengutip pendapat Ketua Umum PP Muhammadiyah periode 2005-2010 dan 2010-2015, Prof. K.H. Muhammad Sirajuddin Syamsuddin, M.A., Ph.D tentang  tujuh aspek yang masuk dalam konsep Islam Wasathiyah, yakni, Al-I’tidal, At-Tawazun, At-Tasamuh, As-Syura, Al-Islah, Al-Qudwah, dan Al-Muwatonah. (fur)