Wujudkan Generasi Berkarakter Al qur’an, SMA Muhpat Kendal Gelar Tahfidz Quran

0
49 views

KENDALMU.COM | KENDAL. Dewasa ini program Tahfidzul Qur’an merupakan salah satu kegiatan yang banyak dihadirkan oleh lembaga-lembaga pendidikan, termasuk sekolah tingkat atas (SLTA) dengan berbagai metode dan keunggulannya masingmasing, dengan tujuan untuk mewujudkan para siswa menjadi insan yang bertakwa dan memiliki akhlak Qur’ani.

SMA Muhammadiyah 4 (SMA Muhpat) Kendal menyelenggarakan Tahfidz Qur’an Juzz ke 30 yang berlangsung Senin – Rabu (15-17/11). Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswa SMA setempat dengan protokol kesehatan.

Kepala SMA Muhpat Kendal, Sunarmi mengatakan, kegiatan Tahfidz Qur’an Juzz ke 30 sebagai implementasi pembelajaran Al Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (Ismuba) dan diharapkan anak lulus sudah hafal juzz ke 30.

Bagi SMA Muhpat Kendal, gelaran tahfidz qur’an juzz ke 30 sudah dilaksanakan tiga kali, terhitung sejah tahun 2019.

“Sebelum digelar tahfidz qur’an, kami melakukan pengelompokan siswa menjadi tiga kelompok, yaitu siswa yang belum punya bekal sama sekali dalam membaca Al qur’an, kelompok yang masih belum lancar baca Al qur’an, dan mereka yang sudah lancar membaca” ungkap Narmi.

Diakui, saat itu kami harus sabar membimbing siswa, terutama yang belum kenal bacaan Al qur’an.

“Ini sebagai komitmen kami dalam mewujudkan visi dan missi sekolah, menjadikan siswa berkarakter Islami, karena pendidikan karakter di masa pandemi harus dinomer satukan” kata Sunarmi Senin (15/11).

Diterangkan, dalam masa pandemi Covid-19 pembelajaran Ismuba harus berjalan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, yaitu untuk menumbuh kembangkan aqidah melalui pengamalan dan pembiasaan tentang Al Islam, mewujudkan manusia Indonesia yang taat beragama dan berakhlaqul karimah, yakni manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, jujur, berdisiplin, serta mengembangkan budaya Islami dalam komunitas sekolah.

BACA JUGA :  Rakor Majelis Dikdasmen Kendal Diwarnai Launching Smart Office

“Dengan tahfidz Al qur’an juzz ke 30 paling tidak siswa mampu menjadi imam sholat dengan bacaan-bacaan surat yang baik dan benar” ujarnya.

Dalam pelaksanaan uji tahfidz Qur’an, penguji memilih nama surat yang ada di juzz ke 30 dan peserta menghafalkannya.

“Peserta selain diminta menghafal surat dalam juzz ke 30, juga diuji merangkai ayat demi ayat dalam potongan surat al-quran yang diucapkan oleh dewan penguji untuk diteruskan oleh peserta” katanya.

Gelaran tahfidz Al qur’an telah mendapat apreasiasi dari semua pihak, terutama bagi orang tua siswa.

“Maka untuk memotivasi kegiatan ini, kami menghadirkan wali siswa untuk melihat langsung putra-putrinya dalam tahfidz Al qur’an” pungkasnya. (fur)