Yusuf Darmawan : Kunci Jurnalis Adalah Menyampaikan Kebenaran

0
56 views

KENDALMU.COM | WELERI. Tugas seorang jurnalis adalah melakukan proses persiapan dalam rangka melakukan liputan peristiwa yang terjadi sampai disajikannya pemberitaan di media masa dan diketahui oleh publik. Tahapan-tahapan yang dilakukan oleh jurnalis dilakukan dengan sadar dan benar, tidak mamanipulasi, karena kunci seorang jurnalis adalah menyampaikan sebuah berita peristiwa kebenaran.

Demikin pendapat dari Wakil Ketua Pimpinan Daerah Mujammadiyah (PDM) Kendal, H. Yusuf Darmawan dalam acara pelatihan pembuatan video reportasi yang diselenggarakan oleh Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) PDM Kendal pada Ahad (13/12) di SMK Muhammadiyah 3 Weleri, Kendal.

“Seorang jurnalis ketika menyampaikan berita apa adanya, jujur, dan mengandung unsur kebenaran” kata Darmawan mengutip ayat Al qur’an Surat Al Ahzab ayat 70, ‘Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar’.

Ayat ini, menurut beliau, menjadi pegangan bagi seorang jurnalis muslim yang menyebarkan sebuah kebenaran.

“Menyampaikan perkataan yang benar , jujur tidak bengkok , tidak menyalahi aturan Allah , tidak menyimpang dengan yang telah digariskan Allah” tegasnya.

“Kejujuran dalam mengolah sebuah berita yang dilakukan jurnalis. Maraknya berita hoaks yang bertaburan karena dipicu oleh ketidakjujuran, kemudian diolah, digoreng sedemikian rupa” imbuhnya.

Ketdak jujuran dalam menyampaikan berita yang dilakukan oleh seorang jurnalis akan memunculkan fitmah.

Beliau berharap dalam pelatihan ini mulailah dengan kejujuran berita, dan itu bukan persoalan yang sederhana.

“Seorang jurnalis yang memiliki tekad kejujuran dengan sungguh-sungguh bukanlah perbuatan yang mudah.” Katanya. (fatma)

BACA JUGA :  Patuhi Protokol Kesehatan, Majelis Dikdasmen Gelar Seleksi Calon Guru Baru, Diikuti 34 Pelamar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here